Kapolres Pasuruan Gelar Binrohtal dan Santunan Anak Yatim

Admin JSN
13 Juni 2024 | 14.36 WIB Last Updated 2024-06-13T07:36:56Z


Polres Pasuruan mengadakan Pembinaan Rohani dan Mental di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan yang didampingi juga oleh Sekretaris MUI Pasuruan KH. Syamsul Ma'arif

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Polres Pasuruan mengadakan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan pada Kamis (13/06/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh personil Polres Pasuruan, termasuk Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si., PJU Polres Pasuruan, perwira, bintara, serta ASN Polres Pasuruan. Tokoh agama yang memberikan tausiyah pada acara ini adalah KH. Syamsul Ma'arif, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pasuruan.

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan dan ketetapan iman anggota Polres Pasuruan dalam menjalankan tugas di lapangan dengan penuh keikhlasan. "Anggota Polri setiap menjalankan tugas di lapangan, selalu didasari rasa ikhlas dalam hatinya dan hal itu merupakan bagian dari Ibadah. Selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, kegiatan pengajian rutin ini merupakan bentuk pembinaan mental dan rohani bagi personil Polres Pasuruan," ucap Kapolres.

Acara Binrohtal ini meliputi pembacaan Surat Yasin dan Tahlil, pembacaan Asmaul Husna, serta tausiyah oleh KH. Syamsul Ma'arif yang mengangkat tema "Ikhlas dan Taat". Kiai Syamsul menekankan bahwa sikap ikhlas dan taat harus muncul dari hati masing-masing individu, tanpa paksaan dari orang lain. "Ikhlas dan taat itu tidak boleh ada unsur paksaan dari orang lain tetapi harus muncul dari hati kita masing masing. Selain itu sikap ta'at atau disiplin juga harus selalu ada dalam diri kita untuk mendukung dan menguatkan rasa ikhlas yang ada dalam hati kita, kita mungkin masih belum menyadari bahwa jiwa ta'at itu substansinya adalah berisi sifat disiplin yang memberikan edukasi di dalam kegiatan rutinitas khusunya dalam tugas anggota polri sehingga mewujudkan konsep tepat waktu dalam menjalankan tugas sehari hari," ujarnya. 

Kiai Syamsul juga menekankan pentingnya jiwa dermawan dan kebiasaan bersedekah, yang akan membawa sepuluh kebaikan dan menambah rezeki bagi yang melakukannya. "Selain ta'at dan disiplin, kita harus berjiwa dermawan yang artinya jangan kikir tetapi lebih baik gemar sedekah karena sedekah yang kita lakukan untuk orang yang membutuhkan maka Allah akan mengganti dengan sepuluh kebaikan dan Allah akan menambah rezeki bagi kita yang sering bersedekah," tambahnya.

Usai pelaksanaan pengajian Binrohtal, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Yayasan Jalaluddin Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil. Santunan ini diberikan langsung oleh Kapolres Pasuruan, didampingi oleh Sekretaris MUI KH. Syamsul Ma'arif dan PJU Polres Pasuruan. 

Muhammad Khotib, salah satu pembina anak yatim di Yayasan Jalaluddin, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pasuruan atas santunan yang diberikan kepada anak yatim binaannya. "Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Kapolres yang sudah memberikan santunan kepada anak anak yatim binaan kami, dan saya doakan semoga situasi Kamtibmas di wilayah Polres Pasuruan selalu tertib dan aman serta anggota polisinya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, Aamiin," ungkap Muhammad Khotib.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Pasuruan Gelar Binrohtal dan Santunan Anak Yatim

Trending Now