FlashBag: Alternatif Paper Bag Ramah Lingkungan dengan Sentuhan Budaya Lokal

Eko Rudianto
28 Juni 2024 | 16.44 WIB Last Updated 2024-06-28T09:59:15Z

Tim PKM KwU

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Penggunaan paper bag sebagai alternatif pengganti kantong plastik terus meningkat. Hal ini didorong oleh beberapa faktor, seperti kesadaran masyarakat akan lingkungan dan peraturan pemerintah yang membatasi penggunaan plastik. Namun, di sisi lain, meningkatnya penggunaan paper bag juga menimbulkan dampak lingkungan, terutama terkait dengan deforestasi dan hilangnya habitat akibat eksploitasi hutan untuk bahan baku kertas.

Dari permasalahan diatas 5 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam tim PKM Kewirausahaan Universitas Negeri Malang yakni Shabrina Quraisy dari jurusan Pendidikan Fisika, Allysa Hafsah dari jurusan Pendidikan Fisika,  Bintang Fajri dari jurusan Desain Komunikasi Visual,  Friska Florida dari jurusan Pendidikan Biologi, dan Elman Prastyo dari jurusan Akuntansi menginovasikan produk paper bag bidegradable “FlashBag” untuk alternatif pengganti paper bag yang lebih ramah lingkungan dan hadir dengan desain pengenalan kebudayaan lokal. Berikut adalah inovasi produk “FlashBag” sebagai paper bag yang lebih ramah lingkungan.

Foto Produk

Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung dan Ampas Tebu untuk Paper Bag Biodegradable

FlashBag hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. FlashBag merupakan paper bag biodegradable yang terbuat dari bahan baku limbah kulit jagung dan ampas tebu. Kedua bahan ini memiliki kandungan selulosa tinggi, sehingga cocok untuk diolah menjadi kertas. Selain itu, pemanfaatan limbah ini juga membantu mengurangi pencemaran lingkungan serta dapat meningkatkan nilai ekonomi kedua limbah tersebut. FlashBag hadir dengan beberapa keunggulan diantaranya :

- Ramah lingkungan: FlashBag terbuat dari bahan baku biodegradable dan compostable yang mudah terurai secara alami, sehingga tidak mencemari lingkungan.

- Mendukung SDGs: FlashBag mendukung poin 12 dan 13 SDGs, yaitu menjamin pola produksi dan konsumsi berkelanjutan, dan juga penanganan perubahan iklim.

- Mendukung kebudayaan lokal : FlashBag memiliki desain yang unik dengan corak khas budaya lokal, sehingga menarik bagi konsumen.

FlashBag memiliki peluang pasar yang besar, terutama dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup ramah lingkungan. Produk ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berbelanja dengan produk yang ramah lingkungan dan memiliki ciri khas budaya lokal. FlashBag bukan hanya paper bag biasa. Di balik setiap produknya, kami berkomitmen untuk membawa kebahagiaan bagi konsumen, komunitas, dan lingkungan, sesuai dengan tagline yang hadir bersama dengan produk tersebut, “Bring Your Happiness”. FlashBag percaya bahwa berbelanja dengan cara yang ramah lingkungan dapat membawa kebahagiaan tersendiri. Dengan menggunakan FlashBag, konsumen tidak hanya mendapatkan produk berkualitas, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FlashBag: Alternatif Paper Bag Ramah Lingkungan dengan Sentuhan Budaya Lokal

Trending Now