Restocking Ikan di Sungai Sepanjang Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya Mendapat Perhatian Khusus dari Rektor UHT.

17 November 2023 | 18.59 WIB Last Updated 2023-11-17T12:00:28Z


SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Jumat 17 November 2023. Dalam rangka kepedulian lingkungan hidup dan pelestarian Budi Daya Ikan Air Tawar yang semakin hari semakin menurun populasinya, hari ini  Rektor Universitas Hang Tuah Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR  diikuti oleh jajaran pimpinan Civitas Akademika terdiri dari: Wakil Rektor 1, Wakil Rektor  2, Wakil Rektor 3 dan Dekan Fakultas Pelayaran, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, FISIP, FTIK, Fakultas Kedokteran Gigi, dan  Fakultas Kedokteran, serta seluruh Dosen dan Tendik selesai acara Olah Raga rutin Jumat pagi bersama, melakukan acara pelepasan 12.000 (Dua Belas Ribu) Ekor Benih Ikan air tawar, terdiri dari 7000 Ekor benih ikan tombro dan 5000 ekor benih ikan nila ke lokasi bantaran kali Jalan Arif Rahman Hakim tepatnya di depan kampus Laut Biru UHT Surabaya. 


Rektor UHT prihatin akan penurunan kualitas lingkungan perairan sungai di depan kampus UHT, serta gejala menurunnya jumlah beberapa jenis ikan air tawar. Di sisi lain, Masyarakat membutuhkan sumberdaya ikan untuk kegiatan memancing, baik untuk hiburan maupun untuk memenuhi kebutuhan protein rumah tangga. Untuk itu UHT menunjukkan kepedulian dengan menebar benih ikan nila dan tombro. 


Rektor UHT menyampaikan bahwa ”Species Ikan Tombro dan Nila ini merupakan ikan konsumsi masyarakat luas yang bisa tumbuh dengan cepat dan cepat berkembang biak di habitat air tawar”. Masih menurut Rektor UHT “kegiatan Restocking Ikan juga sangatlah perlu untuk dilaksanakan karena: kegunaannya selain untuk peremajaan kembali ikan ikan yang sudah ada, juga untuk melestarikan kelangsungan hidup ikan ikan sebagai bagian dari kekayaan alam dan plasma nutfah yang keberadaannya harus tetap dijaga dan dilestarikan untuk masa depan generasi bangsa”. @2023

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Restocking Ikan di Sungai Sepanjang Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya Mendapat Perhatian Khusus dari Rektor UHT.

Trending Now