Tri Poin Penting Mas Dion Dan 4 Pilar Utama Yang Disampaikan Dr. Andriyanto Pj Bupati Di Forum Silaturahmi Digedung DPRD Kabupaten Pasuruan 2023

03 Oktober 2023 | 20.07 WIB Last Updated 2023-10-05T12:50:21Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Forum silaturahmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Pasuruan dengan PJ Bupati Pasuruan telah selesai dilaksanakan pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

Bertempat di di ruang rapat DPRD kabupaten Pasuruan, acara ini dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Pasuruan, Forkopimda, perangkat daerah, alim ulama, civitas akademika, PKK dan Darma Wanita, NGO, LSM serta awak media.

Dalam sambutannya, H. M. Sudiono Fauzan, S. Ag, MH, ketua DPRD kabupaten Pasuruan menyebutkan prestasi yang telah diraih oleh kabupaten Pasuruan selama 10 tahun terakhir. Yaitu : 
1. Apresiasi dari BPK RI sebagai "Opini wajar tanpa perkecualian"
2. Penetapan APBD tepat waktu, mengindikasikan adanya keharmonisan antara eksekutif dan legislatif
3. Apresiasi dari Menteri Dalam Negeri sebagai kabupaten terharmonis se-Indonesia

Kepada Dr. Andriyanto, SH, M. Kes, PJ Bupati Pasuruan kali ini, Beliau berpesan untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi-prestasi tersebut dan menyelesaikan beberapa masalah urgent (seperti persoalan simpan pinjam Mekar) serta beberapa mandat lainnya dari fraksi-fraksi di DPRD kabupaten Pasuruan. Dalam hal ini, keharmonisan harus tetap dijaga. "Perbedaan pandangan, politik, kepentingan harus ditaruh demi kepentingan kabupaten Pasuruan", pesan Beliau.

"Jalan-jalan ke Lumbang harus hati-hati, jangan lupa beli baju baru.
Selamat datang bapak PJ Bupati, semoga Pasuruan lebih maju.
Musim mangga musim durian, ayo bersama-sama membangun kabupaten Pasuruan", begitu pantun Beliau mengakhiri pidato.

Dr. Andriyanto, SH, M. Kes, penjabat kepala daerah kabupaten Pasuruan di masa transisi akan bertugas setahun ke depan, tahun 2023-2024.

Dalam sesi perkenalannya, bapak berkumis yang mempunyai senyum manis ini memperkenalkan diri dalam suasana yang akrab.

Diberkahi otak yang cemerlang, catatan akademik Beliau termasuk cemerlang. Mengikuti program akselerasi di bangku sekolah, menyelesaikan pendidikan S1 Fakultas Hukum di Universitas Brawijaya, S2 Epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan S3 Ilmu Kedokteran di Universitas Airlangga.

Sepak terjang Beliau dalam organisasi juga patut diacungi jempol. Pernah menjabat sebagai Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Perjalanan karirnya juga luar biasa.
Pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli komisi E provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, PJ sekretaris Daerah kabupaten Trenggalek, Direktur Akademi Gizi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah.

Dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan tersebut, dalam masa jabatannya kali ini Beliau akan memprioritaskan beberapa hal pokok dalam kepemimpinannya. Diantaranya :

1. Membuat program yang tidak merugikan masyarakat. 
Menurut Beliau, peruntukan APBD kabupaten Pasuruan yang sebesar hampir 4 triliun harus memberi kontribusi positif kepada masyarakat.
Beliau menjanjikan, perlindungan anak dan perempuan akan mendapatkan porsi lebih banyak dari yang sebelumnya.
2. Menciptakan ekosistem untuk berinovasi, menjadikan inovasi sebagai kebiasaan sehari-hari.
Terinspirasi dari Swiss sebagai negara terinovatif di dunia maupun Jawa Timur sebagai provinsi terinovatif di Indonesia, Beliau yakin kabupaten Pasuruan juga bisa menjadi kabupaten terinovatif se Jawa Timur, misalnya dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah dan lebih smart.
3. Menciptakan sinergi yang baik antara Pemkab dan DPRD.
"Keseimbangan antara legislatif dan eksekutif akan menjadi concern kami", ujarnya. Beliau berharap legislatif akan menjalankan fungsinya dengan baik dalam hal pengawasan, mengontrol kinerja eksekutif.
4. Membuat warisan atau legacy melalui pencapaian-pencapaian.
Menurut Beliau, penghargaan merupakan bukti komitmen kepala daerah, wujud dari sinergitas dan kolaborasi banyak pihak serta menjadi motivasi untuk meraih prestasi lebih lanjut.
Sebagai langkah awal, pertengahan Oktober 2023 ini akan diadakan launching "Bangil bersolek dan berseri".

Di sesi akhir perkenalannya, Beliau memohon doa dan dukungan dari semua pihak untuk bisa mewujudkan"Kabupaten Pasuruan maju penuh maslahat" di masa kepemimpinannya.

Acara silaturahmi ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Rois NU kabupaten Pasuruan, KH. Muzakki.(SM)/(Lee)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tri Poin Penting Mas Dion Dan 4 Pilar Utama Yang Disampaikan Dr. Andriyanto Pj Bupati Di Forum Silaturahmi Digedung DPRD Kabupaten Pasuruan 2023

Trending Now