Pertama Di Indonesia, OJK ajak TNI POLRI Pahami Literasi Keuangan

Eko Rudianto
06 Juni 2023 | 09.35 WIB Last Updated 2023-06-06T05:24:27Z

 


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Dalam Rangka Pelaksanaan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 dan akselerasi peningkatan literasi keuangan masyarakat di Kota Malang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang menyelenggarakan kegiatan Training Of Trainer (ToF) Agen Literasi Keuangan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Se-Kota Malang, acara selenggarakan  pada 06 Juni 2023 di Hotel Grand Mercure Malang Mirama. 

Terdapat 3 materi yang diusung dalam ToF tersebut antaralain, Waspada Investasi dan Pinjaman Online oleh OJK, Mengenal Lebih Dekat Pembiayaan Melalui Leasing oleh Aloysius Suryadi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), serta Cerdas Mengelola Keuangan oleh Aditya Permana Financial Trainer dan Relationship Manager PT Bank Mandiri Prioritas Malang Merdeka. 

Hadir juga Sugiarto Kasmuri Kepala OJK Malang, Letkol Heru Wibowo Sofa SH, M.Han, Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. Dimoderatori oleh Dewi Yuhana acara berjalan dengan lancar dan interaktif. Selaras dengan hal tersebut kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 yang bekerjasama antara OJK dengan TNI, POLRI, APPI, Bank Mandiri, TPKAD.

Pada sambutannya Sugiarto kasmuri menyampaikan kegiatan ini dilatarbelakangi adanya pembicaraan antara OJK dengan Kapolres tentang permasalahan yang ada di masyarakat yang sedang marak seperti investasi bodong, pinjaman online ilegal dan sebagainya, selain itu ini merupakan kegiatan pertama diadakan di Indonesia serta dalam rangka mematuhi arahan presiden dan rangkaian bulan inklusi keuangan.

"Karena babinsa dan babinkamtibmas ini dekat dengan masyarakat dibanding kita, akan menjadi garda pertama dan mitra bagi kami untuk mengedukasi kepada masyarakat rerkait literasi keuangan" ujar Sugiarto. 

Mayor Khoirul Effendy Kasdim mewakili Dandim 0833 yang tidak bisa hadir, beliau berharap agar kegiatan ToF ini bisa diikuti oleh seluruh anggota Dandim, selain itu dia memgakui dandim belum mengerti jauh mengenai literasi keuangan. 
"jangankan masyarakat terkadang dandim pun tidak mengerti" ujar khoirul.

Wakil Kapolres Malang AKPBP Apip Ginajar juga merasa bermanfaat mengenai kegiatan tersebut.

"kami berterimaksih sudah dijadikan mitra dan diundang oleh OJK dalam kegiatan ini "ujarnya e

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pertama Di Indonesia, OJK ajak TNI POLRI Pahami Literasi Keuangan

Trending Now