Vatir Elga SMAN 1 Turen Malang Juara 1 Silat Piala Kasad di Cimahi

Admin JSN
30 Mei 2023 | 23.27 WIB Last Updated 2023-05-30T20:53:38Z

Vatir Elga SMAN 1 Turen Malang Juara 1 Silat Piala Kasad di Cimahi
MALANG  | JATIMSATUNEWS.COM:  Vatir Elga Pratama kembali mempersembahkan prestasi terbaik yang membanggakan sekolahnya SMAN 1 Turen Malang. Yakni menjadi juara 1 Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad ke-1 Tahun 2023 yang digelar pada 26-28/5/2023.

Pulang ke Malang dengan kemenangan,  Jawara silat di berbagai lomban itu tak menunjukkan sikap jumawa. Justru terimakasih yang meluncur ringan dari mulutnya.

"Banyak terimakasih kepada Sekolah, pelatih, orang tua dan teman-teman  yang telah mendukung saya selama ini. Saya senang dan saya sangat bersyukur bisa mendapatkan mendali emas," tutur Vatir dalam wawancara dengan JatimSatuNews 29/5/2023.

Baginya kejuaraan yang berlangsung di  Dinas Jasmani TNI AD Jl. H. M. Mintaredja, S. H NO. 80 Cimahi pada 26-28 Mei 2023 itu tak terlupakan. Sebab ketemu dengan pesilat daerah lain dari kodam-kodam seluruh Indonesia yang turut serta. 

"Peserta kejuaraan ini ribuan, mencapai 2000 lebih. Di nomor yang saya ikuti, saya mengalahkan 11 orang. Sungguh kesan tak terlupakan, bisa mengalahkan lawan-lawan yang hebat, seperti pesilat dari kodam 5, Sumsel, Bandung dan Sukabumi, " urainya. 


Kemenangannya membanggakan pula sekolahnya,  Kepala SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati menyebut bahwa Vatir Elga Pertama adalah siswa berbakat yang luar biasa. 

"Vatir itu luar biasa,  seperti tak kenal lelah,  kejuaraan demi kejuaraan dia ikuti dengan hasil memuaskan,  sering juara. Seperti kali ini,  Emas lagi diperolehnya," terang Kepala Sekolah Eny bersemangat. 

Diketahui kejuaraan Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad ke-1 Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Agus Subiyanto, bBertempat di Gedung Olah Raga (GOR) M. Toha Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat (Disjasad), Baros Cimahi, Jabar, Jumat (26/5/2023).

Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad yang baru pertama kali digelar ini, diselenggarakan mulai tanggal 26 hingga 28 Mei 2023 di GOR Bung Tomo dan GOR M. Toha, Disjasad. Adapun kategori yang diperlombakan meliputi Pemasalan (usia dini) tingkat SD dan SMP, serta kategori Prestasi tingkat SMA/SMK sederajat, tingkat Dewasa Umum, dan TNI-Polri.

Tercatat sebanyak 2.040 atlet mendaftar untuk mengikuti kejuaraan. Kategori Pemasalan diikuti 1.075 atlet yang terdiri dari 624 atlet tingkat SD dan 451 atlet tingkat SMP. Sementara Kategori Prestasi diikuti 965 atlet yang terdiri dari 350 atlet tingkat SMA/SMK, 383 atlet Dewasa Umum, dan 232 atlet dari TNI dan Polri.

Pada penutupan kejuaraan ini, Minggu (28/5/2023), Kasad menyampaikan sambutan yang dibacakan Kadisjasad Brigjen TNI Aminudin, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman sebagaimana ditulis tniad.mil.id mengucapkan selamat kepada para atlet yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya. Kasad berharap prestasi yang telah dicapai itu dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi.

“Melalui kejuaraan ini, kita telah berupaya memberikan kesempatan kepada para atlet Pencak Silat untuk meningkatkan prestasi. Karena event seperti ini merupakan salah satu wahana untuk melihat sejauh mana perkembangan kualitas dan kemampuan para atlet Pencak Silat tanah air,” ujar Kasad, yang menyebut olah raga beladiri Pencak Silat ini sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan beladiri lainnya.

Kasad juga berharap hasil yang diperoleh dapat menjadi salah satu tolok ukur untuk mengevaluasi kemampuan dan kekurangan yang ada, serta menjadi bahan masukan untuk semakin meningkatkan kualitas pembinaan latihan Pencak Silat di lingkungan TNI-Polri, dan masyarakat. Kasad juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PB IPSI, Disjasad serta seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berpartisipasi aktif dalam gelaran kejuaraan pencak silat yang pertama kali dihelat oleh TNI AD ini. ans


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Vatir Elga SMAN 1 Turen Malang Juara 1 Silat Piala Kasad di Cimahi

Trending Now