VIRALKAN TARI KREASI “PANEN NANAS” DAN SEBAGAI IKON DESA PALAAN OLEH MAHASISWA KKN-T D20 KELOMPOK 9 UNIRA MALANG KEPADA SISWI - SISWI SDN 1 PALAAN

Eko Rudianto
20 Februari 2023 | 20.04 WIB Last Updated 2023-02-20T13:05:22Z


Tarian tradisional menjadi salah satu daya tarik dari suatu daerah karena memiliki daya tarik , nilai keunikan dan makna yang berbeda-beda. Mahasiswa KKN-T 2023 kelompok 9 berusaha memajukan potensi Desa Palaan dengan icon Desa penghasil nanas. Malalui sentuhan dibidang seni, tim mencoba memajukan potensi Desa melalui kreasi Tari “panen nanas”.

Kreasi Tari “panen nanas” memiliki filosofi cerita yang mengisahkan petani nanas yang menyadari bahwa sudah tiba saatnya memanen nanas. Meraka pergi ke ladang dengan sukacita. Rasa syukur terhadap nikmat Tuhan yang Maha Kuasa atas limpahan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki tersirat dari beberapa gerakan tari yang gemulai sekaligus sarat makna akan ungkapan rasa syukur.

Sumber daya yang dimiliki Desa sudah memang seharusnya dapat meningkatkan potensi dan memajukan Desa, Hal inilah yang menjadi alasan program kerja KKN-T kelompok 9 2023 untuk meneruskan tari kreasi “panen nanas” khususnya di SDN 1 Palaan untuk dilanjutkan. Tak lupa para pendidik juga ikut andil dalam tari nanas ini agar para pendidik juga dapat meneruskan untuk mengajarkan tari ini kepada siswi – siswi generasi selanjutnya. Kreasi “Panen Nanas” ini juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan sehingga dapat menjunjung kearifan lokal desa agar dikenal oleh masyarakat umum. Selain itu agar masyarakat dan penerusnya mengetahui bahwasannya Desa Palaan memiliki potensi luar biasa dan sama bagusnya dengan daerah lain.

Untuk tari nanas sendiri diikuti oleh siswa SDN 1 Palaan yang terdiri dari kelas 4, 5 dan kelas 6 yang ber-anggotakan tujuh anak. Untuk tempat penampilan tari nanas sendiri dilakukan di wisata kampung nanas yang menjadi tempat wisata di Desa Palaan itu sendiri. Sebelum menari anak-anak mengenakan kostum tari. Mahasiswa KKN –T Kelompok 9 menyewa kostum bertempat di Kepanjen di toko persewaaan kostum tari. Kostum yang digunakan anak-anak Tari terdiri dari mahkota, stagen, kalung, sampur, aksesoris tangan,  dan penutup panggul. Untuk make up anak-anak dirias mandiri oleh tim KKN-T Kelompok 9 Unira Malang. Setelah merias siswi – siswi selesai, kemudian dilanjut dengan pengambilan video oleh tim mahasiswa KKN-T Kelompok 9. Hasil dari video tersebut nantinya akan di upload ke media sosial youtube agar bisa di pelajari dan dinikmati oleh semua orang. Cuaca yang mendukung akan sangat mempengaruhi pencahayaan dalam pengambilan video tersebut,waktu yang baik adalah pagi hari namun terkendala akan hujan sehingga pengambilan video dilakukan agak siang setelah hujan reda.

Harapan kami tarian panen Nanas ini bisa menjadi icon Desa Palaan dan menjadi daya tarik tersendiri di Desa Palaan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Dan kami juga berharap tarian tersebut dapat diteruskan kepada generasi selanjutnya, dan Tarian tersebut dapat ditampilkandi acara-acara penting di Sekolah maupun di Desa Palaan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • VIRALKAN TARI KREASI “PANEN NANAS” DAN SEBAGAI IKON DESA PALAAN OLEH MAHASISWA KKN-T D20 KELOMPOK 9 UNIRA MALANG KEPADA SISWI - SISWI SDN 1 PALAAN

Trending Now