TRCC UM Gelar Latihan SARDOG Bersama SDI Region Jatim

Eko Rudianto
18 Februari 2023 | 13.37 WIB Last Updated 2023-06-02T11:53:04Z


Tim Reaksi Cepat Cakrawala Universitas Negeri Malang (TRCC UM) menggelar pelatihan Search and Rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan menggunakan anjing pelacak kepada sejumlah relawan Universitas Negeri Malang.

Acara yang dilakukan di Universitas Negeri Malang dengan 85 peserta ini bekerjasama dengan SAR DOG Region Jawa Timur. 

Pelatihan ini bertujuan agar relawan yang nanti akan terjun dalam operasi search and rescue (opsar) bisa memiliki kemampuan dalam khususnya keterampilan menggunakan K-9 ini, mengingat banyaknya bencana alam dan kasus hilangnya korban di beberapa medan. Kepala Pusat Lingkungan Mitigasi dan Kebencanaan Listyo Yudha Irawan S.Pd, M.Pd, M.Sc., mendukung dan menyambut baik gelaran acara tersebut. 

"Lanjut ya Mas untuk kegiatan nanti semoga sukses" lanjut seseorang yang juga dosen geografi UM ini. 

Pelatihan ini terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama penyampaian terkait apa itu SARDOG, Pilih dan Pilah Anjing untuk SARDOG. Sesi kedua, merupakan simulasi yang terdiri dari Obedience, Agility, Basic Detection, Search for Victim, Praktek Handle Anjing serta kesan pesan. Anjing yang diterjukan berjumlah 5 ekor dengan bermacam variasi ada yang 6 tahun, 3 tahun dan 2 tahun. Serta paling kecil adalah 2 bulan. Karena terdiri dari 2 sesi, maka sesi pertama dilaksanakan di Aula Rektorat Universitas Negeri Malang lantai 1 dan Praktik dilakukan di area on going pembangunan UMart (sebelah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

General Manager SAR Dog Indonesia Region Jawa Timur, Dzulqarnaen Abdul Aziz H mengatakan, pihaknya sengaja mempersiapkan acara ini, karena ini merupakan acara perdana.

"Karena ini acara perdana SARDOG Jatim goes ke kampus, maka akan kami siapkan semaksimal mungkin khusus untuk universitas negeri malang (diiringi tepuk tangan peserta" Tutur Aziz disela-sela menyampaikan materi.

Disamping itu, peserta terlihat antusias karena bisa belajar secara langsung bagaimana cara melakukan opsar dengan media anjing.

"Ternyata asik dan keren belajar sar menggunakan anjing pelacak, semoga kedepannya acara seperti ini terus dilakukan" Ungkap Weni salahsatu peserta pelatihan dari Universitas Machung.


Dokumentasi :




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TRCC UM Gelar Latihan SARDOG Bersama SDI Region Jatim

Trending Now