SOSIALISASI LINGKUNGAN HIDUP SEHAT DAN PELATIHAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

Eko Rudianto
15 Februari 2023 | 05.11 WIB Last Updated 2023-02-14T22:11:10Z

 

KKN-T Kelompok 9 Unira Malang mengadakan Sosialisasi tentang Lingkungan Hidup Sehat dan Pelatihan Daur Ulang sampah Plastik” di SDN 1 Palaan. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 31 Januari 2023, yang diikuti oleh siswa – siswi kelas 5. Kami mengusung Tema ini untuk memberikan Kesadaran  pada siswa – siswi akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan. Kegiatan ini kami awali dengan menampilkan sebuah video tentang Dampak dari Pencemaran Lingkungan, dan kami juga mengajukan pertanyaan sebagai stimulus kepada  siswa – siswi terkait video tersebut.

Banyaknya sampah plastik di lingkungan, tentu merusak kesehatan lingkungan dan masyarakat. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan upaya dalam mengolah sampah plastik agar menjadi barang yang berguna.  Sebagai makhluk sosial, kita tidak hanya menjaga interaksi dengan sesama, melainkan juga dengan lingkungan sekitar. Salah satu interaksi manusia yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan dan melakukan daur ulang terhadap limbah anorganik seperti plastik.  Mengolah limbah plastik menjadi salah satu bentuk upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. Adapun alat- alat yang dibutuhkan adalah, Sendok Plastik, cat berwarna kuning, cutter, gunting, lem tembak dan alatnya.

Manfaat yang diperoleh dari daur ulang sampah yaitu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), mengurangi dampak lingkungan yang terjadi akibat pembuangan sampah ke lingkungan, Melakukan daur ulang berarti telah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Mendaur ulang sampah juga berarti penghematan sumber daya alam dan energi. Sampah dibuang ke lingkungan akan menimbulkan pencemaran.

Setelah video ditampilkan, siswa - siswi diberi beberapa pertanyaan dari video yang telah ditampilkan, dari pertanyaan tersebut siswa – siswi semangat dan bisa dalam menjawab pertanyaan, yang berarti dalam hal ini, siswa – siswi paham akan penjelasan yang disampaikan. Setelah itu dilanjutkan dengan membuat kreasi daur ulang sampah yaitu dari sendok plastik dibuat menjadi wadah permen sebagai sesuatu yang lebih bermanfaat. Pertama- tama siswa – siswi diperlihatkan video cara pembuatan wadah permen dari sendok plastic tersebut, kemudian Siswa – siswi di bagi menjadi 3 kelompok, masing – masing diberikan alat dan bahan untuk membuat satu kreasi wadah permen. Mereka saling bekerjasama dalam membuat  kreasi tersebut sampai selesai. Setelah selesai hasil karya siswa – siswi tersebut di dokumentasi, dan diletakkan di Perpustakaan Sekolah sebagai Arsip Sekolah SDN 1 Palaan.

 

Kegiatan ini sudah dilaksanakan Dua minggu setelah acara

Penulis: Mahmudah Qolbiyatus Syifa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SOSIALISASI LINGKUNGAN HIDUP SEHAT DAN PELATIHAN DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

Trending Now