PEMBUATAN DAN PEMASANGAN PLANG NAMA UMKM DI DESA BANJARSARI

Eko Rudianto
15 Februari 2023 | 10.48 WIB Last Updated 2023-02-15T03:48:35Z

Pemasangan plang nama UMKM merupakan salah satu bagian kegiatan strategi pemasaran. Kelompok KKN-T 11 2023 UNIRA Malang, telah memberi plang nama UMKM di Dusun Krajan Desa Banjarsari. Plang nama UMKM ini memiliki manfaat sebagai identitas suatu UMKM yang mana berisikan Nama Merk Toko, nomor telepon pemilik UMKM, dan alamat lokasi usaha. Sehingga plang nama UMKM ini memudahkan masyarakat untuk mengenal Brand Merk, memudahkan menghubungi nomor pemilik UMKM. Selain pemasangan plang nama UMKM, Kami memberikan google map sebagai titik lokasi usaha. Tujuan dari google map ini adalah memudahkan calon konsumen dalam mengakses nomor yang bisa dihubungi dan mengetahui arah atau letak UMKM.

Plang nama UMKM ini hanya Kami berikan kepada 5 UMKM, yaitu dengan masing-masing nama brand: Tahu 02, Tahu JNT, Jipang Gunung Lawu, Tempe Menjes Barokah, dan Pia Mboto. Pembuatan plang nama UMKM ini berbahan dasar besi. Dalam proses pembuatan plang nama ini, membutuhkan waktu hampir satu minggu lebih untuk membuat lima plang nama yang berbeda. Pembuatan plang nama UMKM ini dikerjakan secara bersama-sama, mulai dari membeli bahan dasar, memotong bahan dasar, mengecat, pemasangan stiker, memberikan warna tiang menggunakan pilog, hingga pemasangan plang nama UMKM di setiap lokasi UMKM.

Pemasangan plang nama UMKM dilakukan mulai pada tanggal 2 Februari 2023 untuk plang UMKM Jipang Gunung Lawu, UMKM Tahu JNT dan UMKM Tahu 02, sedangkan plang nama UMKM yang lain pada tanggal 3 Februari 2023 untuk UMKM Tempe Menjes Barokah dan tanggal 4 Februari 2023 plang nama UMKM Pia Mboto. Plang nama UMKM ini diletakkan di dekat rumah lokasi produksi yang tetap terlihat dan mudah terjangkau oleh masyarakat umum.

Pembuatan dan pemasangan plang UMKM memberikan respon positif dari pelaku usaha dan warga setempat. "Terimakasih sudah diberi plang baru, biar semua orang tahu kalau disini produksi. Kami sangat senang sekali karena baru KKN Unira inilah yang memplopori plang nama UMKM disini. Sebelumnya Kami belum pernah mendapatkan plang nama UMKM dari kampus lain," ujar Ibu  Sumiayah selaku ownwr UMKM Pia Mboto. 

"Kami juga senang sekali, plang penunjuk arah buatan KKN kalian bagus, Kami juga berterima kasih telah dibantu dalam pembuatan google map. Kita sangat mengapresiasi pemberian kalian semua," pungkas salah satu warga sekitar yang mendapat plang penunjuk arah. Harapan kelompok 11 dengan adanya plang ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga atau masyarakat setempat agar kelompok KKN-T 11 tetap diingat oleh masyarakat Desa Banjarsari sampai kapanpun dan sebagai pendukung strategi pemasaran bagi 5 pelaku UMKM di Desa Banjarsari baik strategi pemasaran Offline maupun Online.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PEMBUATAN DAN PEMASANGAN PLANG NAMA UMKM DI DESA BANJARSARI

Trending Now