Puluhan Siswa SDN Sawojajar 1 Kota Malang Ikuti Penanaman NiKe Naik Cito

Anis Hidayatie
18 Desember 2022 | 03.29 WIB Last Updated 2022-12-17T22:39:00Z

Penanaman "NiKe  dengan naik Macito sebagai wujud merdeka belajar


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Semester ganjil akan berakhir,  ujian telah usai pelajar di negeri ini akan segera membalik kalender menghadapi semester baru,  2023. Ini pula yang dialami siswa-siswi  kelas 4B SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Mengakhiri Sumatif satu sang guru mengadakan Penanaman NiKe, Nilai Kebajikan yakni menanamkan nilai- nilai kebajikan dengan naik bus Macito, Malang City Tours sebagai  aplikasi Merdeka Belajar pada Kamis,15/12/2022 

Menurut Sufi, guru yang mendampingi hal Ini dilakukan untuk mengenalkan tempat-tempat  wisata kota Malang dan menumbuhkan 4 nilai kebajikan pada diri siswa antara lain yaitu bersyukur, berbahagia, menghargai diri sendiri dan orang lain serta toleransi . 

"Saya ajak siswa jalan-jalan memang,  selain untuk hiburan dan menyenangkan mereka ada tujuan lain yang ingin saya capai terkait pembelajaran Merdeka Belajar,  yakni untuk mengenalkan tempat-tempat  wisata kota Malang dan menumbuhkan 4 nilai kebajikan pada diri siswa antara lain yaitu bersyukur, berbahagia, menghargai diri sendiri dan orang lain serta toleransi," ungkap perempuan yang biasa dipanggil Bu Sofi itu. 

Adapun peserta yang terlibat adalah 30 siswa , 2 guru dan 6 orang pengurus paguyuban yang terdiri dari wali murid siswa. Bersama mereka naik Bus,  berkeliling kota Malang.

Sebuah program yang menurut wali murid sangat bagus karena berhasil membuat anak didik bahkan orang tua merasa senang karena bisa menikmati pembelajaran di luar sekolah dengan suasana berbeda. 

"Setelah mengikuti program NIKE, kami merasa senang dan bahagia. Terimakasih kepada para guru dan panitia paguyuban yang sudah sukses melaksanakan program," ungkap salah satu wali murid perempuan yang Kamis kemarin ikut keliling pada Jatim Satu News, Sabtu 18/12/2022.

Senada juga disampaikan siswa,  mereka merasakan kebahagiaan bahkan lebih dari itu, menumbuhkan rasa kagum pada kota Malang. 

"Saya merasa bahagia, kagum, dan sangat terkesan karena dapat menaiki bis Macito berkeliling menyaksikan  banyaknya tempat- tempat wisata di kota Malang," cetus salah satu siswa lelaki.

Bagi panitia 2 komentar  tersebut cukup menggembirakan karena salah satu tujuan mengajak NIKE siswa dan murid telah tercapai. 

"Harapan saya siswa dapat mengetahui dan menjelajah tempat wisata- wisata kota Malang. Khususnya dengan naik Macito sebagai salah satu alat transportasi gratis yg bisa dinikmati semua warga Malang dan wisatawan yg datang ke Malang," ungkap salah satu guru. 

Sementara itu bagi wali kelas kegiatan yang telah dilakukan membuatnya ikut bahagia pula. 

"Harapannya dengan mengikuti kegiatan ini siswa siswi selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Ikut merasakan kebahagiaan karena sudah menyelesaikan tugas Sumatif Akhir Semester dengan lancar," cetus walikelas bernama Sufia itu. 

"Saya selaku wali kelas dan calon guru penggerak angkatan 7 Kota Malang berupaya untuk menumbuhkan 4 nilai- nilai  kebajikan yang sudah saya sebutkan, bahwa kebajikan  adalah perbuatan yang menjadikan pelakunya menjadi baik, selalu berupaya mengikuti orang-orang yang berbuat baik, dan taat kepada Allah yang Maha Mulia lagi Maha Tinggi. Harapan lain, dengan mengikuti kegiatan ini siswa dan siswi selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, merasakan kebahagiaan karena sudah menyelesaikan tugas Sumatif Akhir Semester dengan lancar, menghargai diri sendiri dan orang lain  dengan bersikap yang baik di tempat umum. Serta menumbuhkan rasa toleransi beragama setelah melihat bangunan masjid yang berdampingan dengan gereja di daerah Alun- alun Malang sehingga terwujud merdeka belajar dan  profil pelajar Pancasila melekat pada diri siswa," jelas wali kelas Sufiya pada Jatim Satu News, 18/12/2022.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Siswa SDN Sawojajar 1 Kota Malang Ikuti Penanaman NiKe Naik Cito

Trending Now