Pernah Gagal, SMAN 1 Turen Jawara Technopreneur SMA Awards Jatim

Anis Hidayatie
19 Desember 2022 | 05.02 WIB Last Updated 2022-12-18T22:57:01Z
Pernah Gagal, SMAN 1 Turen Jawara Technopreneur SMA Awards Jatim
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Maju ke panggung seorang diri dengan perasaan luar biasa bahagia,  Fadlih percaya diri berjalan, menuju Gubernur Jatim Khofifah  yang tengah berdiri anggun di tengah panggung, tepat saat namanya dipanggil MC pada malam Anugerah SMA Award 2022 di Hotel Shangrilla Surabaya pada Jumat lalu 16/12/2022.

Ta'dzim dia mencium tangan gubernur perempuan pertama di Jatim itu,  menerima Anugerah trophy dan sertifikat kategori  technopreneur.

Sebuah ajang yang tahun lalu diapun mengikuti, akan tetapi menuai kegagalan. Gagal total tidak masuk nominasi apapun. 

Ahmad Fadlih kls XII IPA 2, tahun lalu mengikuti,  sekarang datang dengan persiapan matang dan menang. 

 "Dahulu yang saya ajukan DekorinAja, gagal total," ungkap Fadlih.  

"Dari sisi perhitungan, mungkin kurang rapi dan benar,  sehingga gagal. Menjadi pelajaran untuk tahun ini maju kembali," tutur Fadlih pada Jatim Satu News, Senin 18/12/2022.

Mengusung tema Design In untuk saat ini,  akhirnya Fadlih berhasil menjadi Jawara Technoprenure. Sebuah capaian berliku yang penuh perjuangan.

"Dukungan sekolah menjadi hal yang penting untuk saya bisa sukses menang. Bu Eny tak henti memberi motivasi dan  support mewujudkan impian menjadi juara. Misal disamping mendapatkan bimbingan dari guru sekolah bu Eny juga menugaskan guru pendamping dari luar sekolah dan memfasilitasi apapun yang kami butuhkan mulai pendaftaran hingga menang kemarin, " papar Fadlih. 

SMA Award 2022 merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh hampir seluruh SMA Negeri dan swasta yang ada di Jawa Timur. Event ini diselenggarakan oleh Jawa Pos. 

Salah satunya lomba technopreneur, SMAN 1 Turen diwakilkan oleh :
1. Ahmad Fadlih Wahyu Sardana (XII MIPA 2)
2. Najwa Nur Sabrina (XI MIPA 1)
3. Ruth Benedicta Susanto (XI MIPA 1).

"Kami membuat rancangan bisnis Design-In yaitu aplikasi e-commerce berbasis augmented reality (AR)," cetus Desi Dwi Ingkana, guru Bahasa Indonesia yang selalu support latihan. 

Selanjutnya dia juga menceritakan proses sebelum berhasil meraih anugerah. 

"Tahap awal pengumpulan karya berupa proposal dan video pada tanggal 04 Oktober 2022, Pengumuman 5 besar tanggal 14 November 2022, Babak final tanggal 06 Desember 2022 bertempat di Ruang Rapat Bidang PPSMA, Gedung B lantai 1 Dinas Pendidikan Prov. Jatim, Jl. Gentengkali 33 Surabaya. Terdapat 3 juri yang menguji rancangan bisnis kami," ungkap Desi. 

Pengumuman 3 besar tanggal 13 Desember 2022, Awarding Night atau Malam penganugerahan tanggal 16 Desember 2022  dihadiri oleh perwakilan tim Ahmad Fadlih Wahyu Sardana di Ballroom Hotel Shangrila Jl. Mayjend Sungkono No.120 Surabaya. Bersama Fadlih saat acara menerima penghargaan adalah Kacabdin Kabupaten Malang Anny Saulina dan 3 siswa dan guru penerima dari sekolah lain, yakni SMAN 1 Lawang,  SMAN 1 Bululawang dan SMAN 1 Kepanjen.

"Alhamdulillah kami berhasil membawa pulang trophy serta sertifikat juara 1 Lomba Technopreneur," binar suka nampak di bola mata Desi mendengar Fadlih dan kawan-kawan juara.  

Sebuah capaian yang menurutnya akan menginspirasi siswa di sekolah SMAN 1 Turen terus berprestasi dengan memberikan sebuah catatan bahwa untuk hal ini sangat dibutuhkan motivasi untuk semangat siswa terus terjaga.

"Motivasi dan dukungan dari Kepala Sekolah juga berpengaruh terhadap  semangat siswa. Ini modal lain selain kemampuan dan kemauan siswa. Kami mendampingi, Support maka potensi siswa akan tereksplorasi hingga berprestasi, " ungkap wanita cantik ini dengan senyum terkembang menandakan kebahagiaan saat wawancara dengan Jatim Satu News disela  persiapan menerima kunjungan bupati Malang Sanusi, Senin 18/12/2022.

Di sisi lain,  Eny Retno Diwati menyatakan kebahagiaannya.  Menyampaikan bahwa ini adalah proses panjang yang hendaknya bisa mengambil hikmah.  Kemampuan siswa harus didukung penuh agar potensi benar-benar bisa digali maksimal.  

"Siswa kerja keras, kita juga. Memotivasi,  memfasilitasi, memompa semangat percaya diri dengan kemampuan mutlak harus dilaksanakan. Kita tidak bisa membiarkan mereka seorang diri berjuang. Meski punya kemampuan tapi kalau tidak ada dukungan, akan sulit prestasi itu tercapai meski bukan mustahil. Selamat pada siswa berprestasi, persembahan akhir tahun terbaik untuk SMAN 1 Turen, " cetusnya. 

Eny Retno Diwati, hijab Salem di Samping Kacabdin Anny Saulina bersama guru dan siswa SMAN 1 Turen saat diundang kegiatan Double Track beberapa waktu lalu dengan Fadlih ikut pula

Disinggung tentang kepemimpinannya yang pernah didemo ribuan siswa beberapa waktu lalu,  bahkan saat dirinya sibuk mempersiapkan keikutsertaan siswa dalam mengikuti lomba,  dengan senyum keibuan dia menyatakan telah melupakan.

"Terkadang ada hal-hal yang orang lain tidak mengerti dengan yang kita lakukan. Siswa SMAN 1 Turen demikian juga. Mereka anak-anak baik, semoga belajar lebih santun dan soleh sholihah,  asset bangsa yang harus kita rangkul. Demo memberi pelajaran pada saya untuk lebih dekat pada mereka,  menunjukkan setiap langkah perlu kedisiplinan, komitmen dan tanggung jawab agar meraih prestasi. Juara adalah buktinya. Saya sudah melupakan peristiwa demo itu,  meski tak dipungkiri menjadi pembelajaran pada saya pribadi untuk melangkah lebih baik ke depan,  sebagai pimpinan sebuah instutusi, " cetus kepala Sekolah Enny,  bersiap menyambut kedatangan bupati Malang Sanusi membuka kegiatan panen hasil karya di SMAN 1 Turen hari ini Senin, 18/12/2022.

(ANS) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pernah Gagal, SMAN 1 Turen Jawara Technopreneur SMA Awards Jatim

Trending Now