Kota Malang Miliki Kampus Program RPL Satu-satunya di Jatim, Kuliah 2 Semester Lulus

Admin JSN
01 Oktober 2022 | 15.20 WIB Last Updated 2022-10-01T08:20:13Z
Peserta Sosialisasi dan Bimbingan Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Hotel Ibis Style Malang
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Kabar baik calon mahasiswa Malang yang tidak suka berlama-lama di bangku kuliah. Telah hadir program RPL, Rekognisi Pembelajaran Lampau  tipe A  satu satunya di Jawa Timur, yakni di STIMATA, STIMIK PPKIA Pradnya Paramita.
 
RPL adalah sebuah program yang memberi kesempatan kepada Calon Mahasiswa yang memiliki Pendidikan Formal ataupun non Formal. Mulai dari Lulusan SMA yang telah bekerja pada industri yang selaras dengan Program Studi (Prodi) tujuan bisa kuliah hanya 2 semester lulus.

"Saat ini di STIMATA masih tersedia prodi S1 Teknologi Informasi dan S1 Sistem Informasi. Namun paling lambat tahun depan menyusul D3 Sistem Informasi," cetus PIC program RPL Samsul kepada Jatim Satu News.

Sebagai Penerima Hibah RPL tipe A satu satunya di Jawa Timur. STIMATA Malang  Melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ke Perguruan Tinggi lain. Hal tersebut dilaksanakan di Hotel ibis Style kota  Malang pada Jum’at, 30 hingga hari ini 1 Oktober 2022.

Menghadirkan Dr. Fifti Istiklaili sebagai Narasumber, penyelenggara mengundang Seluruh Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Malang. 

"Kami mengundang Perguruan Tinggi lain karena kami sebagai penerima hibah RPL punya kewajiban untuk mensosialisasi RPL ke PT lain," papar PIC Samsul 

Antusiasme Perguruan Tinggi Kota Malang yang luar biasa untuk mengetahui lebih jauh terkait program RPL yang sukses dilaksanakan oleh STIMATA Malang terlihat pada gelaran tersebut.

Menurut Samsul STIMATA selama 2 Tahun terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas Program RPL. 

Adapun syarat yang harus dimiliki sebuah Perguruan Tinggi agar bisa ikut program RPL antara lain adalah memiliki Akreditasi minimal B atau Baik Sekali.  
"Di STIMATA semua Program Studi di STIMATA telah mendapatkan Akreditasi B dan 2 program Studi S-1 STIMATA telah memiliki Sertifikat Penyelenggaraan RPL yang terbit dari Website SIERRA," papar Samsul. 

Sasaran target adalah calon Mahasiswa yang memiliki Pendidikan Formal ataupun non Formal. Mulai dari Lulusan SMA yang telah bekerja pada industri yang selaras dengan Program Studi (Prodi) tujuan. Siapapun yang pernah berkuliah pada jenjang dibawah S1 atau S1 yang belum Tuntas dapat ikut serta dalam Program RPL ini. Dengan dokumen dokumen pendukung yang akan di verifikasi oleh para Tim Assesor RPL STIMATA. 

Dengan Optimal Assessment Seorang calon mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah hanya dalam 2 semester atau dalam 1 tahun saja. Dan ini menjadi daya tarik utama dalam program RPL. 

Tentang biaya yang dibutuhkan PIC Samsul tidak menyebut angka nominal pasti akan tetapi dari persentase terlihat biaya yang dibutuhkan untuk sampai pada 2 Semester lulus.

"Untuk biaya pastinya saya tidak punya jawaban, tapi sekitar 25-30% dari biaya total kuliah 4 tahun secara normal," tuturnya.

Kepada calon mahasiswa yang akan mengambil program ini secara khusus menyampaikan agar segera memanfaatkan.

"Kepada kalian yang sudah memiliki keterampilan dan pengetahuan yang teruji, belum memiliki ijazah PT dan ingin bergelar sarjana, segera daftar kuliah di STIMATA. Keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja kalian akan kami akui sehingga hanya kuliah minimal 1 tahun saja," pesannya.

Selain Sosialisasi dengan para mitra, para Assesor RPL STIMATA juga mendapatkan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Program RPL oleh  Fifti selaku Tim dari Belmawa. 

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kota Malang Miliki Kampus Program RPL Satu-satunya di Jatim, Kuliah 2 Semester Lulus

Trending Now