Unisma Berduka, Nyai Hj. Chalimatus Sa'diyah Putri Salah Satu Pendiri Berpulang

Admin JSN
26 September 2022 | 05.39 WIB Last Updated 2022-09-26T21:56:32Z
Unisma Berduka, Putri Salah Satu Pendiri Berpulang
Sore hari Ahad menggelayut mendung di Kota Malang. Tersiar kabar duka yang membuat seantero Malang berduka. Khususnya Civitas Unisma, Universitas Islam Malang, 25/9/2022. 

Nyai Dra. Hj. Chalimatus Sa'diyah, M.Pd.I. Akademisi, dosen Unisma, tokoh intelektual perempuan Nahdziyin berpulang ke pangkuan Ilahi pada Pukul 16.05. Rumahnya di Barat Masjid Ainul Yaqin Unisma menjadi saksi kiprah perjuangannya hingga akhir hayat.

Sebagai dosen, Nyai Hj.Chalimatus Sa'diyah mengampu Mata Kuliah HAM dan Gender dikenal sebagai sosok yang santun dan berwibawa.

"Saya mengenal beliau sebagai seorang perempuan yang memiliki wawasan sangat luas. Perangainya lembut, santun, tapi berwibawa," cetus Alfian Fahmi, mahasiswa semester akhir Fakultas Agama Islam, Jurusan Agama Islam yang pernah mengikuti perkuliahan Nyai Hajjah Chalimatus Sa'diyah pada Jatim Satu News, 26/9/2022

Diketahui Nyai Hajjah Chalimah adalah putri dari salah satu pendiri Unisma. Sebuah kampus besar Nahdhatul Ulama yang terletak di kawasan Dinoyo Malang, KH Oesman Mansoer.

Sosok KH Oesman Mansoer sendiri sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dialah sosok penting di balik berdirinya kampus ternama selain Unisma di kota Malang. Sebut saja Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang salah satunya.

KH Oesman Mansoer tercatat menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiayah (1967-1972) di UIN Malang. Sementara di Unisma, dia tercatat sebagai salah satu pendiri Unisma sekaligus Rektor pertama (1981-1989).

Kyai yang berpandangan moderat dan memiliki hobi membaca buku tentang agama, politik, filsafat, dan pendidikan serta menguasai 4 bahasa yaitu bahasa Arab, Belanda, Inggris, dan Latin ini, mempunyai nama asli RH Muhammad Isman Adhikoro.

Kyai Oesman lahir di pulau Madura tepatnya di Blega, 23 Maret 1924. Putra pasangan HR Jalaludin Kromo Asmoro Adhikoro dengan Hj Siti Nur Chotijah. Dan, Nyai  Hj. Chalimatus Sa'diyah adalah salah satu putri KH Oesman Mansur yang sedikit banyak mengikuti jejak perjuangan sang ayah.

Segenap redaksi Jatim Satu News menyampaikan duka belasungkawa dalam untuk almarhumah Nyai Dra. Hj. Chalimatus Sa'diyah, M.Pd.I. Innalillahi wa Inna Ilaihi Ra Jiun. Bismillah Husnul Khotimah.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Unisma Berduka, Nyai Hj. Chalimatus Sa'diyah Putri Salah Satu Pendiri Berpulang

Trending Now