Dari Bingung Kini Bisa, Siswa SMP Islam 1 Pujon Senang Sudah Bisa Bikin Slide Power Poin Dilatih Mahasiswa Unisma KSM 86

Admin JSN
05 September 2022 | 12.05 WIB Last Updated 2022-09-05T05:14:04Z

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Program Kerja terakhir, Mahasiswa Unisma Berikan Pelatihan Dasar tentang Cara Menggunakan dan Membuat Slide Presentasi di Microsoft Powerpoint untuk Siswa SMP Islam 1 Pujon

Setelah melaksanakan program kerja pertama,  Mahasiswa Universitas Islam Malang kelompok KSM 86 yang mengenalkan dan memberikan pelatihan tentang penggunaan microsoft word. Di program kerja yang terakhir, kelompok 86 memutuskan memberikan pelatihan dasar tentang cara menggunakan dan membuat slide presentasi di Microsoft Powerpoint.

Sebelumnya kelompok 86 telah mempertimbangkan untuk memberikan pelatihan Microsoft Powerpoint karena dirasa akan sangat bermanfaat bagi para siswa SMP untuk membuat slide presentasi yang mana kemungkinan besar akan digunakan di jenjang sekolah menengah hingga ke jenjang karir mereka.

Program kerja terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2022 menerima sambutan dan antusiasme yang positif dari para siswa. Materi yang disampaikan pada awal kegiatan yakni menjelaskan tentang apa itu powerpoint, apa saja fungsi dari powerpoint, dan menjelaskan beberapa fitur dan tools utama pada power point. Fitur yang dijelaskan seperti cara menambahkan slide, cara menambahkan transisi dan animasi, cara merubah ukuran lembar presentasi, cara memasukkan gambar pada powerpoint, dan masih banyak lagi.

Sebelum materi ditutup, para siswa diwajibkan untuk membuat slide presentasi, wajib dengan background yang menarik dan menambahkan animasi serta transisi pada slide presentasinya. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan slide presentasi 30 menit. Ketika pengerjaan slide dimulai, beberapa siswa masih sedikit kebingungan dalam menggunakan fitur yang ada di powerpoint, tetapi panitia kelompok 86 terus mengajarkan secara bertahap dalam menggunakan fitur yang tersedia. Slide presentasi yang mereka kerjakan berisikan tentang narkoba, ada berapa jenis golongan narkotika, contoh produk narkotika dan dampak buruk narkoba bagi tubuh.

"Awalnya sulit sih, tapi sekarang sudah bisa," cetus Anggun, salah satu siswa SMP Islam 1 Pujon yang ikut pelatihan.

Setelah slide presentasi selesai mereka kerjakan, program kerja kali ini telah ditutup. Namun sebelum kegiatan ditutup, masing masing dari mereka mendapatkan satu bingkisan snack yang telah disediakan oleh panitia. Tidak lupa sesi dokumentasi bersama dan pemberian E-Certificate untuk para siswa SMP Islam 1 Pujon kelas 9.


Fach
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dari Bingung Kini Bisa, Siswa SMP Islam 1 Pujon Senang Sudah Bisa Bikin Slide Power Poin Dilatih Mahasiswa Unisma KSM 86

Trending Now