9 Kampus Terbaik Jatim Versi SIR, UB Nomor 1 UMM Nomor 9

Anis Hidayatie
11 September 2022 | 09.52 WIB Last Updated 2022-09-11T05:48:12Z
UB kampus nomor 1 (Sumber gambar: doc.pri Ans) UMM no.9 ( Sumber gambar: Afifah Student.umm.ac.id )
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: UB atau Universitas Brawijaya Malang kembali membuat bangga civitasnya serta warga kota Malang. Hal ini nampak setelah untuk kesekian kali kampus di Jalan Veteran yang tembus kawasan MT Haryono Dinoyo itu meraih Nomor 1 Pemeringkatan versi SIR, Scimago Institutions Rankings (SIR).

Hasil rilis menunjukkan bahwa dominasi kampus atau universitas terbaik di Jatim masih didominasi negeri dengan meraih 8 diantaranya. Hanya 1 kampus swasta menduduki pemeringkatan yakni di posisi 8 dengan nilai 701.

Kampus tersebut adalah UMM, Universitas Muhammadiyyah Malang. Sebuah Universitas yang mempunyai kampus pusat di Tegal Gondo Tlogomas Malang.

Diketahui, Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis daftar universitas terbaik di dunia tahun 2022. Harvard University (Amerika Serikat/USA) menempati posisi pertama, disusul Harvard Medical School (Amerika Serikat/USA) di peringkat kedua, dan Tsinghua University (China) di urutan ketiga.

Tentang hal tersebut SIR melansir di laman resminya Sabtu (10/9/2022), bahwa terdapat tiga indikator dengan bobot penilaian berbeda yang digunakan SIR untuk memeringkatkan universitas di seluruh dunia, yakni Penelitian (50 persen), Inovasi (30 persen), dan Kemasyarakatan (20 persen).

Adapun tujuan SIR memberi penilaian dan peringkat kepada universitas di dunia adalah untuk menyediakan alat metrik yang berguna bagi lembaga, pembuat kebijakan, dan manajer penelitian untuk analisis, evaluasi, dan peningkatan kegiatan, serta keluaran yang dihasilkan.

Menanggapi keberhasilan UB ini Dekan Fakultas Teknik Hadi menyatakan bahwa UB selalu berbenah untuk mempertahanakan dan meningkatkan reputasi di tingkat nasional, terutama di tingkat internasional. 

"Peningkatan reputasi UB melalui badan rangking internasional seperti SIR, QS Rank, THE WUR, menunjukkan UB semakin berkualitas untuk Tri Dharma PT dan reputasi alumninya.  Semoga UB tambah berkualitas dan bereputasi dengan ide-ide inovasi terbaiknya utk dunia," cetus Dekan pada Jatim Satu News.

51 universitas di Indonesia juga masuk ke dalam daftar kampus terbaik di dunia tahun 2022 versi SIR, dan 9 di antaranya berada di Jawa Timur (Jatim).

Berikut ini 9 universitas terbaik di Jawa Timur tahun 2022 versi SIR:

1. Universitas Brawijaya (644)

2. Universitas Jember (646)

3. Universitas Airlangga (659)

4. Universitas Negeri Malang (666)

5. Universitas Negeri Surabaya (668)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (677)

7. Universitas Surabaya (697)

8. Universitas Muhammadiyah Malang (701)

9. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (747)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 9 Kampus Terbaik Jatim Versi SIR, UB Nomor 1 UMM Nomor 9

Trending Now