Songsong MTQ di Kabupaten Malang, JQHNU Sertifikasi Dewan Hakim MTQ 2022

Anis Hidayatie
14 Agustus 2022 | 18.31 WIB Last Updated 2022-08-14T20:41:58Z

MALAG I JATIMSATUNEWS.COM: Akhir Agustus 2022, tepatnya pada tanggal 30 dan 31 Kabupaten Malang akan punya gawe besar di bidang Tilawatil Quran. Yakni MTQ tingkat Kabupaten.

Demikian dikatakan Bendahara  LPTQ yang Kasub Bag di Kemenag Kabupaten Malang Son Haji pada peserta Diklat dan Sertifikasi Dewan Hakim di Shanaya Resort Karangploso.

Selanjutnya, sebuah fenomena diungkapkan bahwa biasanya peserta bukan hanya dari Kabupaten Malang, akan tetapi juga luar Malang, yang memang diperbolehkan.

"Asal KTP nya Jatim maka dia boleh mengikuti MTQ di Kabupaten Malang dengan follow up nanti ketika dia menang maka boleh mewakili Kabupaten Malang ke jenjang lebih tinggi," papar Kasub Bag Sonhaji sekaligus membuka acara.

"Untuk persiapan itulah maka diadakan Diklat dan Sertifikasi agar dewan hakim yang bertugas untuk MTQ nanti benar-benar kredibel," lanjutnya

Tema Integritas dan profesionalitas dewan hakim MTQ yang obyektif dan berkualitas diusung pada acara ini. Menjadi penanda keseriusan penyelenggara mengadakan acara.

"Pukul 11 siang peserta sudah mengikuti pre test untuk mengetahui kemampuan sebelum mengikuti Diklat. Selanjutnya materi diberikan hingga esok hari. Dengan ujian atau post tense sebelum penutupan. Post test sendiri nantinya akan dilakukan oleh Narasumber KH. Abdul Mun im Syadzili (Rois Majlis Ilmi Pc.JQHNU Kab Malang) dan KH Abdul Hamid Abdullah, SH, MSi Ketua LPTQ Jatim," KH Abdul Aziz Ketua Jamiyatul Quro' wal khufadz yang menjadi penyampai sambutan pertama.

Sementara itu, tentang kegiatan yang dilakukan hari ini KH. Abdul Mun im Syadzili (Rois Majlis Ilmi PC.JQHNU Kab Malang) menyampaikan pesan khusus pada peserta yakni agar menjadikan keikutsertaan sebagi khidmah Al Qur'an.


"Tetaplah berkhidmat pada Al Qur'an," tutur Kyai Mun im.

Digadang-gadang menjadi data base ketersediaan dewan hakim Tilawatil Quran, acara ini adalah bagian dari program PC JQHNU Kab Malang. Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) merupakan salah satu badan otonom (banom) yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama. Di Kabupaten Malang diketuai KH Abdul Aziz.

akan dilangsungkan selama 2 hari di tempat yang sama. Yakni hari ini Minggu 14 Agustus 2022 dan besok 15 Agustus 2022.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Songsong MTQ di Kabupaten Malang, JQHNU Sertifikasi Dewan Hakim MTQ 2022

Trending Now