Sempat Gagap, Akhirnya Siswa SMP Islam 1 Pujon Sukses Operasikan Microsoft Word Berkat Pelatihan Mahasiswa KKN 86 Unisma

Admin JSN
27 Agustus 2022 | 18.52 WIB Last Updated 2022-08-27T11:59:46Z
Siswa SMP Islam 1 Pujon antusias menyimak penjelasan mahasiswa Unisma
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Meski perangkat komputer, android dan internet sangat akrab dengan millenial, yang dalam hal ini adalah siswa SMP akan tetapi soal program belum banyak yang paham.

Kenyataan inilah yang didapat mahasiswa program kerja pertama kelompok KKN 86 dari Universitas Islam Malang saat berkunjung ke SMP Islam 1 Pujon Malang 24/8/ 2022.

Program kerja pertama kelompok KKN 86 dari Universitas Islam Malang telah berhasil dilakukan. Kelompok 86 memulai program kerja mereka dengan mengadakan dan memberikan pelatihan dasar tentang penggunaan program microsoft word kepada siswa siswi SMP Islam 1 Pujon. 

Sebelum memulai program kerja yang pertama, kelompok 86 terlebih dahulu mengunjungi SMP 1 Islam Pujon untuk melakukan observasi dan research tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh kelompok 86.

Setelah beberapa hari melakukan observasi dan research, akhirnya kelompok 86 sepakat untuk memperkenalkan dan memberikan pelatihan penggunaan program microsoft word untuk siswa siswi kelas 9 SMP Islam 1 Pujon. 

Kenapa kelompok 86 ingin memperkenalkan dan memberikan pelatihan dasar microsoft word kepada siswa siswi SMP Islam 1 Pujon? 

 Tidak bisa dipungkiri perkembangan zaman sudah semakin maju, dan kebutuhan dalam mengerjakan tugas, dan dokumen sudah dikerjakan melalui word, dan kelompok 86 merasa bahwa salah satu skill dasar yang akan mereka gunakan ketika memasuki jenjang sekolah menengah atas hingga jenjang pekerjaan yakni, mampu mengoperasikan program word.

Sebelum pelaksanaan pelatihan dimulai, kelompok 86 mempersiapkan materi untuk presentasi, membuat modul sederhana dalam menggunakan microsoft word, memberikan soal latihan untuk partisipan tersebut, dan membuat lembar kuesioner untuk diisi diawal dan diakhir kegiatan. 

Di dalam modul sederhana yang telah dibuat oleh kelompok 86,  berisikan tentang apa saja dan bagaimana penggunaan fitur itu tersebut seperti cara mengatur ukuran lembar kerja, membuat tabel, menata margins, mengubah font, ukuran font, dan masih banyak lagi.

Ketika pelaksanaan kegiatan akan dimulai, kelompok 86 mencetak dan memberikan modul panduan sederhana yang telah dikerjakan untuk dibagikan kepada siswa siswi SMP Islam 1 Pujon. Tidak ketinggalan mereka diwajibkan mengisi lembar kuesioner yang telah diberikan. 

Lembar kuesioner yang mereka kerjakan terdapat 2 kolom berisikan sebelum dan sesudah, yang mana akan mereka kerjakan sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan. Ada satu pertanyaan cukup mendasar, namun juga memiliki pengaruh besar ketika pelatihan dimulai.

 “Apakah kalian tahu dan pernah menggunakan program microsoft word?”. 

Mayoritas siswa-siswi SMP Islam 1 Pujon masih belum familiar dan belum bisa mengoperasikan program microsoft word. Tidak sedikit juga dari mereka mengeluhkan mengapa ketika jenjang sekolah dasar mereka tidak mendapatkan pembelajaran tersebut. Disisi lain, mereka yang menjawab tahu, juga masih kebingungan dalam mengoperasikan word.

Akhirnya, pengenalan dan  pelatihan dasar tentang penggunaan microsoft word dimulai. Para siswa cukup antusias dalam memperhatikan materi yang diberikan, dan mereka tidak gaduh sama sekali ketika kelompok 86 menjelaskan materinya. 

Beberapa kali para siswa diberi pertanyaan apakah mereka sudah jelas dengan materi yang telah dijelaskan. Mereka terlihat diam seakan kebingungan dalam mendengarkan materi yang dijelaskan, namun kelompok 86 tidak putus asa untuk menjelaskan ulang materinya sampai mereka mengerti. 
Akhirnya para siswa mengerti tentang apa yang sudah dijelaskan. Di tengah-tengah materi pun, kelompok 86 coba memberikan pertanyaan kembali, ada satu siswa yang mampu menjawab dengan benar dan akhirnya mendapatkan hadiah snack yang bisa mereka bawa pulang.

Di sesi terakhir sebelum pengenalan dan  pelatihan dasar tentang penggunaan microsoft word ditutup, mereka diwajibkan mempraktikkan soal yang telah diberikan. 

Beberapa dari mereka ada yang hafal tentang apa saja yang harus di klik, beberapa juga ada yang membaca ulang modul panduan, dan ada beberapa juga yang menanyakan langsung kepada panitia kelompok 86 bagaimana cara mengerjakan dan tombol apa saja yang harus di klik. 

Setelah mereka mampu mengerjakan soal yang diberikan, kelompok 86 memberi tantangan siapa dari mereka yang berani untuk mengerjakan soal yang sama didepan panitia kelompok 86 dan teman-temannya. Kemudian ada siswa yang memberanikan untuk maju dan dia mampu mengerjakan soal sesuai perintah yang telah dituliskan.

Setelah itu, para siswa dan siswi mengisi lembar kuesioner yang sudah mereka isi di awal kegiatan. Respon jawaban yang mereka isi mayoritas cukup positif, banyak dari mereka yang akhirnya tahu dan mampu mengoperasikan word walau tidak terlalu lancar. Setidaknya apa yang kelompok 86 berikan dan ajarkan akan berguna di kemudian hari bagi mereka.

Kemudian program kerja pertama mengadakan dan memberikan pelatihan dasar tentang penggunaan program microsoft word ditutup oleh kelompok 86. Kelompok 86 kembali ke ruang guru untuk bertemu perwakilan dari wali kelas mereka menanyakan bagaimana respon dan antusiasme siswa dan siswi ketika mendapatkan pelatihan microsoft word. Pada minggu yang akan datang, kelompok 86 akan membawakan materi perkenalan dan pelatihan program yang baru.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sempat Gagap, Akhirnya Siswa SMP Islam 1 Pujon Sukses Operasikan Microsoft Word Berkat Pelatihan Mahasiswa KKN 86 Unisma

Trending Now