Libatkan Ratusan Merpati, Grand Mercure Rayakan HUT RI ke 77

Anis Hidayatie
17 Agustus 2022 | 23.02 WIB Last Updated 2022-08-17T22:05:04Z
Ratusan merpati terbang di atas langiy Grand Mercure Malang,  Sumber gambar: Gleddy

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Ratusan merpati, tepatnya 300 ekor memenuhi langit Grand Mercure Malang Mirama pada hari sakral Negeri ini, 17/8/2022. 

Terjadi saat merayakan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77, menyertainya aneka gelar acara dilakukan. Mulai Dari mengadakan penampilan lagu Daerah, Baju Adat, hingga Pelepasan 300 Ekor Merpati Bersama ARPC (Arjuna Racing Pigeon Club).

"Seluruh Heartist Grand Mercure Malang Mirama antusias mempromosikan lagu
daerah masing-masing suku lengkap dengan baju adat nasional yang dikenakan," cetus Communicating manajer Gleddy.

Sebagaimana animo masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung tahun ini, kegiatan bersifat perlombaan Agustusan hingga Upacara Bendera di tanggal 17 Agustus 2022 digelar di beberapa tempat, termasuk kota Malang.

Sebuah kegiatan yang rupanya direspon positif pula oleh seluruh karyawan Grand Mercure Malang Mirama.  Mulai awal bulan Agustus telah mengadakan berbagai kegiatan perlombaan hingga
menyambut perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan upacara. 

Menjadi sesuatu yang unik mengingat
upacara ini digelar pertama kalinya Grand Mercure Malang Mirama. Mengingat operasional hotel yang belum berjalan selama satu tahun. 

Di momen perdana ini Grand
Mercure Malang Mirama, merayakan dengan nuansa Bhinneka Tunggal Ika yang. Direpresentasikan seluruh heartist (sebutan karyawan Grand Mercure Malang Mirama). Mengenakan baju adat nasional yang ada di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Diungkapkan oleh Sugito Adhi selaku General Manager Grand Mercure Malang Mirama, upacara ini sebagai penghormatan kepada para pahlawan - pahlawan terdahulu untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Disamping itu, sebagai
wadah untuk apresiasi budaya bangsa Indonesia dengan memvisualisasikan  pakaian adat nusantara untuk dikenakan.

“Momen ini menjadi yang paling ditunggu - tunggu. Tentunya, saya merasa senang melihat
antusias para karyawan dengan berlomba - lomba mengenakan baju adat terbaik nya dari masing - masing wilayah di seluruh Indonesia,” ujar Sugito Adhi. 

Selanjutnya, ia menambahkan beberapa penampilan juga ditampilkan dari tim paduan suara dari Grand
Mercure Malang Mirama dengan menyanyikan beberapa lagu nasional hingga daerah. Terdengar, lagu Ampar - Ampar Pisang, Cublak - Cublak Suweng dan Rek Ayo Rek berkumandang. 

Tak ketinggalan, Mars Grand Mercure Malang Mirama juga wajib untuk di tampilkan.

Seusai upacara kegiatan dilanjutkan dengan syukuran nasi tumpeng hingga penyerahan hadiah beberapa lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. 

Tak berhenti disana, momen penting
lainnya adalah pelepasan kurang lebih 300 ekor merpati. Menjadi agenda utama yang turut masuk ke dalam daftar
susunan pasca upacara. 

Di temui di Grand Mercure Malang Mirama, Sugito Adhi juga
menjelaskan bahwa kegiatan ini  melibatkan salah satu komunitas pecinta merpati, yakni ARPC (Arjuna
Racing Pigeon Club). Memberikan dukungan untuk acara menerbangkan merpati jenis merpati pos (pigeon post) dari berbagai daerah. 

Diungkapkan Ketua Komunitas ARPC (Arjuna Racing Pigeon Club), Kent Maestro, dia menyatakan sangat senang dapat berkolaborasi dengan Grand Mercure Malang Mirama yang menjadi hotel pertama di Kota Malang untuk salah satu kegiatan yang
sangat penting ini. 

Ditambahkannya pula, bahwa komunitas ini dibentuk sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat yang memiliki kegemaran dari para peternak merpati yang dikembang biakan.

"Komunitas ini juga mendukung kearifan lokal. Dimana tradisi nenek
moyang terdahulu dan juga burung merpati ini dapat dilombakan sampai menempuh jarak kelipatan 100 kilometer hingga ribuan kilometer dan langsung dapat kembali pulang ke
kandang masing - masing bahkan antar pulau,” ungkap Ketua Komunitas ARPC, Kent Maestro. 

Pada kesempatan yang sama dia menambahkan bahwa tradisi terdahulu merpati ini sebagai sarana untuk media
pengirim pesan yang digunakan oleh tentara jaman Perang Dunia ke II. 

Dengan beriringnya zaman dan era modernisasi, merpati - merpati ini lebih digunakan sebagai ajang perlombaan. Pertunjukan atau kontes Merpati yang terbang dari Grand Mercure Malang Mirama pun akan keliling mengeliling
gedung bangunan tinggi hotel hingga kembali ke kandang masing - masing yang ada di daerah Malang Raya mulai dari daerah Tumpang, Kepanjen, Batu, Lawang, Singosari hingga daerah kota lainnya. 

Momen ini tentu langka, Sebuah kegiatan perdana yang dilakukan industri perhotelan yang ada di Kota Malang. Grand Mercure Malang Mirama menjadi perintis atau pelopor untuk kegiatan yang tersebut.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Libatkan Ratusan Merpati, Grand Mercure Rayakan HUT RI ke 77

Trending Now