Tim Pengabdi Prodi HI Fisip UB Dirikan Taman Baca di TPQ Ar Rokhim desa Ngroto Pujon

Anis Hidayatie
08 Juli 2022 | 23.02 WIB Last Updated 2022-07-09T13:58:18Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: 5 Mahasiswa diturunkan Tim Pengabdi Prodi HI Fisip UB  desa Ngroto Pujon untuk membangun sebuah taman baca bagi warga desa setempat. Naurah, Erra, Rara, Nia dan Haidar menjadi pelaku utama pendirian Taman Baca Masyarakat di Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang diresmikan hari ini, Jumat 8/7/2022.

Berlangsung sejak kedatangan pada pertengahan Juni 2022 akhirnya pada hari ini mereka berhasil mendirikan TBM, Taman Baca Masyarakat.

Bertempat di rumah waga Anis Hidayatie yang kebetulan juga digunakan sebagai TPQ sehari-hari 
peresmian dilakukan oleh Kades Ngroto Prayogi SH. Mencetuskan bahwa lokasi ini dipilih karena pemiliknya adalah penulis, jurnalis yang juga pegiat literasi.

"Saya arahkan ke rumah Bu Anis supaya ada keberlanjutan dari pendirian Taman Baca Masyarakat ini. Sebab mengelola Taman Baca agar terus beraktifitas dibutuhkan orang-orang yang mempunyai passion literasi juga. Selain itu lokasi berada tepat di depan Balai Desa memudahkan kami melihat langsung aktifitas di Taman Baca ini," papar Kades 2 periode itu saat memberikan sambutan.

Menyatakan siap, perempuan jurnalis dan ketua Komalku, Komunitas Menulis Buku Indonesia ini mengaku bahagia dipercaya mendapat bantuan pendirian Taman Baca. Dengan kegiatan mendirikan bangunan, membantu buku-buku dan mengisi kelas literasi.

"Alhamdulillah terima kasih kepada Pak Kades yang sudah mengarahkan project pendirian TBM, Taman Baca Masyarakat ke rumah saya dan kepada dosen pendamping Pak Zul yang berkenan mengirim mahasiswa ke tempat saya. Mereka bukan hanya  mendirikan, namun juga membantu mengisi kelas literasi serta mengajar mengaji di TPQ Ar Rokhim ini," cetus perempuan yang juga Kepala di TPQ rumahnya itu.

Selanjutnya dia juga menjelaskan bahwa kelas literasi telah menjadi bagian dari pengajaran di TPQnya selain belajar membaca Al Quran.

"Membaca buku cerita baik kisah islami maupun bukan adalah bagian dari pengajaran di TPQ kami selain belajar membaca Al Quran dan sholat. Pertama anak datang, Belajar baca Qur an, dilanjutkan praktik pembelajaran sholat, baru pembacaan cerita dengan penutup sebelum pulang adalah memberi pertanyaan tebakan pada anak berasal dari materi cerita yang sudah dibacakan," paparnya.

Dari pihak Unibraw, dosen pendamping Zul Hilmy menyatakan bahwa project serupa bukan hanya dilakukan di desa Ngroto tetapi juga dilaksanakan di tempat lain sebagai bagian dari komitmen kampus ikut mencerdaskan bangsa melalui kampanye kegiatan literasi.

"Kami meendirikan taman baca dan kampanye literasi menumbuhkan minat baca buku ke berbagai daerah sebagai bagian dari program pengabdian. Ikut mencerdaskan bangsa lewat literasi. Khusus untuk desa Ngroto kami berharap mampu memberi manfaat kepada masyarakat agar lebih mencintai literasi. Datang ke Taman Baca, ikut membaca buku di sini selanjutnya menjadikan membaca buku sebagai salah satu bagian dari kehidupannya," tutur Dosen Zul.

"Disamping itu kehadiran Taman Baca ini akan menambah poin untuk penilaian IDM. Dimana desa Ngroto pernah menjadi yang terbaik pada tahun 2019," imbuh dosen asal Sulawesi itu saat memberi sambutan. 

Berlangsung hingga usai adzan Asar acara peresmian berlangsung semarak. Nampak hadir selain Kades juga Sekdes Heri Purnomo, Kaur Keuangan Roy Arifianto, Mahasiswa FMIPA yang sedang PKM juga, mahasiswa Fisip yang sedang melakukan kegiatan pula di desa Tawangsari serta sekitar 50 an santri TPQ dan beberapa wali murid yang ikut hadir. Pemotongan tumpeng menandai diresmikannya Taman Baca Masyarakat ini, mulai bisa digunakan terbuka untuk masyarakat umum.

Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengabdi Prodi HI Fisip UB Dirikan Taman Baca di TPQ Ar Rokhim desa Ngroto Pujon

Trending Now