Mengemuka, Wacana Membangun Bandara Komersial di Raci Pasuruan

Anis Hidayatie
06 Juli 2022 | 23.04 WIB Last Updated 2022-07-06T16:04:25Z
Danden  Kapten  Sus Chrystiadi W.S.T mengunjungi Kapolres Pasuruan AKBP Erick Fernandez
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Wacana pembangunan Bandara di Detasemen Raci mengemuka dalam perbincangan antara komandan Detasemen Raci Kapten Chris dengan ketua HIPMI, Himpunan Pengusaha Muda M.Faiqul Akmali dan Jatimsatunews Rabu, 6/7/2022.

Menurutnya Detasmen Raci ini potensial untuk dikelola agar bisa bermanfaat memberikan nilai ekonomi bagi Pasuruan. Salah satunya adalah membuka bandara penerbangan di Raci. 

"Di sini Detasemen Raci adalah tim penjaga aset  negara. Misal butuh dijadikan lapangan terbang, maka itu bisa dilakukan. Dalam hal ini Forkopimda bisa mengagendakan, " papar  Danden  Kapten  Sus Chrystiadi W.S.T

Memaparkan peluang untuk menjadikan Raci sebagai Bandara, Danden menjelaskan kondisi lapangan yang ada di Detasemen Raci.

"Misal ada nvestor untuk pembuatan lapangan terbang Detasemen Raci sangat layak dijadikan bandara. Tentu dengan pesawat  jenis ATR ya, bukan yang Boeing. Tinggal menambah Runaway. Disini juga sudah ada terminal untuk Helicopter. Disamping itu juga telah mengantongi daerah sebagai KOP,  Keselamatan Operasi Penerbangan," terang Danden.

Menurutnya Detasmen Raci sangat siap untuk menjadi bandara komersial jika Pasuruan ingin membangun bandara. Karena landasan yang dimiliki Detasemen Raci telah teruji dan melaksanakan kegiatan kepenerbangan sejak lama, bahkan sejak zaman Belanda.

Selain wacana membangun bandara Danden juga mewacanakan peluang agar Detasemen bisa menjadi sebuah destinasi. 

" Misal untuk off-road. Ini akan menjadi ajang wisata baru di Pasuruan," paparnya.

Sebuah keinginan yang tidak mustahil diwujudkan, mengingat lahan yang tersedia sangat layak. Menurutnya tinggal mengemas dan mengembangkan saja dengan satu harapan memberi nilai manfaat ekonomi bagi warga sekitar juga warga Pasuruan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengemuka, Wacana Membangun Bandara Komersial di Raci Pasuruan

Trending Now