Pelantikan Kwaran Pramuka Sumbermanjing Wétan, Kalau KMD dan KML Tak Tunggoni

Anis Hidayatie
16 Juni 2022 | 02.42 WIB Last Updated 2022-06-17T18:05:54Z

Pelantikan Kwaran Pramuka Sumbermanjing Wétan, Kalau KMD dan KML Tak Tunggoni
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Selasa, 14/06 /2022, dilaksanakan pelantikan pengurus gerakan pramuka Kwartir Ranting Sumbermanjing Wétan Kabupatèn Malang. Bertempat di Aula Korwil Dinas Pendidikan, dihadiri seluruh pengurus yang dilantik, perwakilan sekolah dan kepala sekolah. Hadir pula Korwil Dinas Pendidikan kecamatan sebagai Mabiran, jajaran muspika sebagai ketua Mabiran dan pembina, dan Kepala Bidang (Kabid) TK-SD sebagai Ketua Kwarcab kabupaten Malang. 

Rabu, 15/06 /2022, Sutikno, Ketua Kwaran terpilih untuk période 2022-2025 menyatakan bahwa jumlah pengurus keseluruhan sebanyak 38 orang. Adapun pengurus harian sebagai berikut : 

1) Ketua
: Drs. SUTIKNO, S.Pd, M.Pd
2) Wakil Ketua
: MOKHAMAD ALI, S.Pd.I
3) Sekretaris
: DIAN WAHYU HIDAYAH, S.Pd
4) Bendahara
: SRI MULYANI, S.Pd

"Walaupun belum dilantik, kami sudah melakukan beberapa kegiatan. Antara lain rapat kerja dan rapat koordinasi, sidang formatur 7 April, partisipasi jurnalistik 28 Mei, pembinaan calon peserta jambore Nasional 28 Mei, dan pendataan peserta dewasa," kata pengawas sekolah ini. 

"Oleh karena itu kami mohon bimbingan dan arahan dari Ketua Mabiran dan Kwarcab," lanjut Sutikno dalam penutup sambutannya. 

Drs, Ahmad Wahid Arif, M.Pd., Ketua Kwarcab menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus yang dilantik.

"Bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT semoga senantiasa dilimpahkan kepada pengurus, sehingga pengurus bisa menjalankan amanah dan tugas dengan baik," harap Kabid TK-SD ini. 

Abah Wahid, begitu dia sering dipanggil, menyarankan untuk memanfaatkan komunikasi radio antar penduduk Indonesia (Rapi) jika butuh komunikasi. Rencana diadakan KMD dan KML sangat positif. Pramuka akan menjadi kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah guna pembinaan Kharakter anak. Dengan terbentuknya kharakter yang baik anak, anak mudah diarahkan, mudah dibina, dan mudah dibentuk.

"Kalau diadakan KMD dan KML,
tak tunggoni, tidak usah khawatir," ujar Wahid terus menutup sambutan. 

Ucapan selamat langsung disampaikan dalam awal sambutan Agus Nuraji, Camat sekaligus sebagai ketua Mabiran. Agus juga berharap, kepengurusan bisa meningkatkan kinerja.

"Belum dilantik saja sudah melaksanakan kegiatan, apalagi sesudah dilantik," tukas Agus. 

Agus berpesan, pramuka harus digalakkan kembali karena pramuka mengajarkan nilai kharakter seperti setia kawan, peduli, gotong royong dan pantang menyerah. Maka sekolah diharap memberikan bimbingan kearifan lokal pramuka sebagai pembelajaran wajib. Pramuka bisa memberikan masukan kepada lembaga sekolah. Sekolah yang saat ini sedang masa-masa menentukan kelulusan siswa juga diminta mempertimbangkan segala aspek kemampuan anak. 

"Pramuka harus bisa memberikan kontribusi positif di masyarakat", kata Agus menutup sambutannya.

Refan Purba

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelantikan Kwaran Pramuka Sumbermanjing Wétan, Kalau KMD dan KML Tak Tunggoni

Trending Now