Tidak Ada Kopi Yang Tidak Enak, Hanya Saja

Admin JSN
05 Februari 2022 | 22.27 WIB Last Updated 2022-04-08T03:12:17Z
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Mendung menggelayut manja di malam minggu awal bulan cinta Sabtu 5/2/2022. 

Beberapa kursi dan meja tertata rapi memenuhi ruangan, satu per satu pengunjung datang memenuhi undangan. Mereka yang sudah mendaftar di link bio Instagram dedhi_id berkesempatan mengikuti kelas gratis "Basic Manual Brew Masterclass".

Beralamat di Jl Airlangga Perumahan Anggrek no 9 Purworejo, Pasuruan, kedai kopi D'edhie Coffee itu sederhana dan bersahaja. Beberapa barang antik yang terpajang di beberapa titik semakin menambah kesan cozzy. 

"Feels like home", begitu kesan yang ingin disuguhkan bagi pengunjung kedai yang ingin menikmati kopi racikan barista-barista handal penghuni rumah.
Lewat beberapa menit dari jam 2 siang, acara itu pun dimulai. 

Ada sekitar 30 peserta yang duduk manis memperhatikan kelas bang Bonnie Ayusman, mentor yang juga merupakan pemilik kedai kopi D'edhie.

"Tidak ada kopi yang tidak enak, yang ada hanya cocok atau tidak cocok di lidah", seloroh Bonnie, di awal pembukaan acara. 

Beliau menceritakan bagaimana awalnya beliau merupakan penikmat kopi. Karena begitu beragamnya citarasa kopi yang pernah dirasakannya, beliau tergugah untuk berbagi pengalamannya itu dengan yang lain, sekaligus berbagi ilmu tentang cara membuat kopi. Karena itulah kelas ini diadakan untuk pertama kali di kedai kopi miliknya ini.

Kelas diawali dengan teori, perkenalan alat dan teknik pembuatan kopi secara manual (atau yang biasa disebut manual brew). Kelas berlanjut semakin seru ketika peserta diberi kesempatan untuk belajar membuat kopi berdasarkan teori yang sudah disampaikan, harum kopi pun menguar mengisi udara. 

Hujan deras di luar ruangan semakin menambah semangat penyeduh kopi pemula untuk belajar membuat kopi terbaiknya. Betapa tidak, peserta dipersilahkan menikmati kopi hasil seduhannya. Belajar gratis, minum kopi pun gratis. 

Suasana semakin rileks ketika acara talk show dan tanya jawab dengan beberapa narasumber yang juga hadir, salah satunya bang Ilham, 'pengedar' kopi dari "Angka Delapan Coffee Roasters". Ilmu pun semakin bertambah tidak hanya berkisar tentang cara membuat kopi, tetapi juga tentang bermacam varian biji kopi, cara memilih biji kopi yang baik sampai dengan cara menyimpannya. 

Begitu jam menunjuk angka 5, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. Tiga jam terasa singkat jika dikelilingi dengan orang-orang hebat.

Lee
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tidak Ada Kopi Yang Tidak Enak, Hanya Saja

Trending Now