Srambang Park, Wisata Alam Andalan Kota Ngawi

Admin JSN
04 Februari 2022 | 13.27 WIB Last Updated 2022-04-08T03:12:17Z
Oleh: Y.P.B
Wiratmoko

WISATA I JATIMSATUNEWS.COM: Kata "srambang" berasal dari kosakata bahasa Jawa "sambang" yang berarti menengok. Srambang Park merupakan satu di antara wisata andalan kota Ngawi. 

Lokasi Srambang Park berada di timur laut Gunung Lawu, sebelah barat Kecamatan Jogorogo. Bisa dicapai menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor. Jalan yang mulus beraspal menyebabkan para pengunjung mudah untuk mencapai lokasi ini. Dari kota Ngawi menuju ke arah barat  melewati Kecamatan Paron. 

Srambang Park beberapa tahun yang lalu dibentuk oleh banjir bandang yang melanda tempat tersebut sehingga membentuk sebuah sungai yang berkilo-kilometer jauhnya. Saat itu sungai tersebut dikabarkan sebagai sungai tiban artinya sungai yang mendadak jadi semalam, tetapi sesungguhnya adalah dibentuk oleh longsoran tanah raksasa yang dibawa aliran deras nya air hujan di sepanjang tebing dari puncak Gunung Lawu menuju ke hilir arah Kecamatan Jogorogo.

Sekarang Srambang Park telah tertata rapi dengan jajaran hutan pinus yang indah permai dan di situ terdapat sebuah air terjun yang cukup deras debitnya. Untuk mencapai sebuah air terjun di Hutan Srambang, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1 km jauhnya. Di saat musim penghujan seperti ini, para pengunjung yang ingin mencapai air terjun tersebut harus berhati-hati karena jalan menuju air terjun rawan longsor. Namun demikian bagi para pengunjung yang tidak menginginkan jalan kaki menuju tempat air terjun bisa menggunakan jasa gojek. Di air terjun ini para pengunjung bisa menikmati air jernih yang bersih, dan kebanyakan di antara mereka sesampainya di tempat tersebut tidak akan lupa mencuci mukanya, seperti yang dipercayai oleh masyarakat setempat, jika pengunjung mau mencuci mukanya di air terjun itu mereka percaya akan awet muda. 

Untuk bisa memasuki Srambang Park, setiap pengunjung cukup membeli tiket Rp20.000 saja. Mereka sudah bisa menikmati indahnya pemandangan alam sambil mengelilingi area wisata dan mengambil foto di spot-spot menarik yang tersedia. Lokasinya yang berada di lereng pegunungan dan hutan pinus, memberi nuansa sejuk segar dan nyaman, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama menikmati panorama alam yang ada di sekitar Srambang Park.

Srambang Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan sendiri tidak usah repot-repot. Di Srambang Park telah tersedia area parkir yang cukup luas dan dijaga oleh muda-mudi setempat. Khusus untuk wisata air terjun Srambang Park  ditutup tepat pada pukul 15.00.WIB. Kebijakan ini  dilakukan atau diambil  petugas pengelola untuk menghindari pacet-pacet atau lintah (hewan penghisap darah yang muncul di musim penghujan dan tanah longsor di sekitar jalan menuju air terjun. 

Srambang Park semulao,  belum dikelola dengan baik. Tetapi sejak diresmikan pada tahun 2017 yang lalu, oleh Bupati Ngawi, tempat wisata alam ini menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal di sekitarnya, baik yang berasal dari daerah Jawa Timur maupun kota-kota di Jawa tengah dan sekitarnya.  "Berkunjung ke Srambang Park selain bisa menikmati pemandangan alam berupa hutan pinus dan air terjun dengan ketinggian 40 m yang indah, juga bisa membuat hati lebih tenang dan pikiran lebih fresh", kata Ita salah seorang pengunjung Srambang Park. 

/ 04 Februari 2022
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Srambang Park, Wisata Alam Andalan Kota Ngawi

Trending Now