Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Peran Penting Pesantren Dalam Membangun Karakter Bangsa

22 Oktober 2024 | 12.34 WIB Last Updated 2024-10-22T05:34:53Z

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menggelar kegiatan "Gowes Ziarah Masyayikh NU" pada Ahad (20/10). Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan terhadap para masyayikh dan ulama yang telah berjasa dalam perjuangan serta pendidikan umat melalui pondok pesantren. Acara tersebut diikuti oleh sekitar 200 peserta, terdiri dari anggota PCNU, perwakilan Kementerian Agama, serta masyarakat umum.

Kegiatan dimulai di halaman Kantor PCNU Kota Malang dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Gus Shampton. Dalam pembukaan acara, beliau juga memimpin tawassul serta doa sebagai penanda dimulainya acara gowes. Gus Shampton menyampaikan bahwa gowes ini bukan hanya kegiatan fisik, tetapi juga bentuk napak tilas dalam mengenang jasa-jasa para pendiri pesantren yang telah memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan masyarakat di Kota Malang. "Kita harus sadar bahwa pondok pesantren memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa, terutama di Kota Malang. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian penting dalam memperingati Hari Santri Nasional," ujarnya.

Ketua panitia, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. "Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak. Semoga kegiatan ini membawa berkah dan kesehatan bagi kita semua," katanya.

Perwakilan PCNU Kota Malang juga menambahkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah menjaga kesehatan sekaligus menghormati para pendahulu. "Yang penting kita semua sehat dengan menggerakkan badan. Dengan gowes ini, kami berharap seluruh pengurus PCNU dan peserta bisa menjaga kesehatan, sembari mengenang jasa para ulama," ungkapnya.

Rute gowes ini meliputi beberapa tempat bersejarah, yaitu Pondok Pesantren Miftahul Huda (Maqbarah KH Muhammad Yahya) di Gading, Pondok Pesantren Nurul Ulum Kacuk (Maqbarah KH Ahmad Suyuthi Dahlan), dan finish di Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono (Maqbarah KH Achmad Masduqi Mahfudh). Pemberangkatan para peserta dilakukan oleh KH. Prof. Kasui Saiban yang turut mendoakan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan.

Kegiatan gowes ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan dari Kemenag Kota Malang, antara lain Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Dr. Febrian Taufik, Kepala Seksi PD Pontren, Sukirman, M.Pd, serta Penyelenggara Syariah, Zainal Anwar, S.Sy. Mereka turut meramaikan acara yang diisi dengan nuansa religi dan olahraga tersebut.(y42k)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Penting Pesantren Dalam Membangun Karakter Bangsa

Trending Now