Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

MIN 1 Kota Pasuruan Gelar Jalan Sehat Sarungan Untuk Memperingati Hari Santri Nasional 2024

Miftachul Amin
20 Oktober 2024 | 18.14 WIB Last Updated 2024-10-20T11:23:17Z
Drs. Moh. Muniri, Kepala MIN 1 Kota Pasuruan bersiap memberangkatkan peserta "Jalan Sehat Sarungan"

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM

Hari Santri Nasional (HSN) diperingati untuk menandai peristiwa bersejarah ketika KH. Hasyim Asyari mengeluarkan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini menyerukan kepada kaum muslimin khususnya kaum santri untuk berjuang melawan penjajah demi merebut kemerdekaan. 

MIN 1 Kota Pasuruan sebagai madrasah unggul yang berbasis agama islam juga mengadakan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024. Madrasah tingkat dasar yang beralamat di Jl. Letjend Sutoyo 1 Mandaranrejo, Panggungrejo, Kota Pasuruan ini menyelenggarakan kegiatan “Jalan Sehat Sarungan” pada Sabtu (19/10/2024). 

Jalan sehat sarungan ini diikuti oleh sekitar 530 siswa dan 41 guru yang jalan bersama-sama dengan rute di sekitar kelurahan Mandaranrejo. Persiapan pemberangkatan dilakukan pada pukul 07.00 WIB, terlihat siswa putra bersarung dan siswi putri berseragam gamis putih berjajar rapi di halaman sekolah. 

Saat ditemui team media JSN (Jatim Satu News) Drs. Moh. Muniri Kepala Madrasah MIN 1 Kota Pasuruan mengatakan sejak ditetapkannya Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi pada Tahun 2015 MIN 1 Kota Pasuruan rutin mengadakan kegiatan Jalan Sehat Sarungan dan melaksanakan Apel Hari Santri Nasional (HSN) setiap tahun. 

“Tujuan diadakannya peringatan HSN di MIN 1 Kota Pasuruan yang pertama merupakan pengakuan kepada Ulama dan Santri bahwa keterlibatan juga peran mereka dalam merebut kemerdekaan ini luar biasa dan wajib kita akui. Tujuan kedua adalah spirit dan motivasi agama tidak hanya digunakan pada saat berjuang merebut kemerdekaan tapi juga untuk melakukan pembangunan bangsa.” Ujar ASN yang juga menjabat Ketua MWCNU Panggungrejo. 

Peserta Jalan Sehat Sarungan MIN 1 Kota Pasuruan mulai berjalan dengan semangat dan ceria di depan gedung Madrasah. 

Menurut Muniri kegiatan memperingati HSN ini perlu disosialisasikan meluas ke sekolah yang lain terutama sekolah dari LP Ma'arif dan sekolah dibawah naungan Kementerian Agama. Sebagai pengingat akan tanggung jawab santri dalam membangun masa depan bangsa, tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga berperan untuk kemajuan negara.

Untuk diketahui, MIN 1 Kota Pasuruan telah mencetak siswa siswi yang berprestasi baik ditingkat Nasional, ditingkat Jawa Timur dan ditingkat Kota Pasuruan. Ada 3 program unggulan yaitu cepat calistung, program tahfidz Quran dan pondasi dasar bahasa Arab dan bahasa Inggris. Atas pencapaian tersebut muncul slogan dari Kepala Madrasah “MIN 1 Kota Pasuruan sekolah pinggiran tapi kualitas Metropolitan.” (Miftah)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MIN 1 Kota Pasuruan Gelar Jalan Sehat Sarungan Untuk Memperingati Hari Santri Nasional 2024

Trending Now