Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Mantapkan Akurasi Penghitungan Suara Digital, KPU Kota Pasuruan Gelar Uji Coba Kedua SIREKAP Versi 2.68

Miftachul Amin
23 Oktober 2024 | 10.52 WIB Last Updated 2024-10-23T08:24:34Z

Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Mukhamad Zahid di dampingi Admin Sirekap Bill Christian sedang memantau uji coba Sirekap versi 2.68 di Aula Kecamatan Bugul Kidul

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Dalam rangka memastikan kelancaran penggunaan aplikasi SIREKAP pada Pilkada serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menggelar uji coba kedua Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Uji coba ini diselenggarakan untuk menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan yang akan berlangsung 27 November mendatang.

Salah satu lokasi ujicoba Sirekap ada di Aula Kecamatan Bugul Kidul. Kegiatan tersebut melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bugul Kidul dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kelurahan Kepel, Bakalan, Tapaan, Blandongan, Bugul Kidul, Krampyangan pada Selasa, (22/10/2024). 

Kegiatan dimulai dengan pembagian lembar formulir C Hasil untuk diisi oleh anggota PPS sebagai simulasi hasil perolehan suara Pilgub dan Pilwali. Selanjutnya formulir C Hasil di tempel pada papan untuk proses pengambilan gambar dengan aplikasi Sirekap versi 2.68 yang sebelumnya sudah dibagikan untuk di download dan diinstal PPS.

Tampak hadir dilokasi Anggota Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Mukhamad Zahid. Saat ditemui team media JSN (Jatim Satu News) beliau menyampaikan tujuan diadakannya uji nasional Sirekap jilid 2 agar PPS dan calon KPPS bisa memahami dan menguasai lebih awal supaya pada saat hari-H Pilkada nanti bisa menguasai dan mudah saat menggunakannya. 

Saat ditanya terkait beberapa kendala Sirekap yang terjadi pada Pemilu Presiden kemarin Zahid mengatakan KPU Pusat sudah mengupdate dan memperbaiki kinerja aplikasi Sirekap. Menurutnya Sirekap pada pilkada ini jauh lebih mudah karena jumlah lembar rekapitulasi yang difoto dan diupload lebih sedikit dari Pilpres kemarin. “Untuk Sirekap Pilkada ini KPU Pusat sudah memperbaiki versinya Insya Allah lebih lancar. Juga akan lebih mudah karena Pilkada ini yang difoto dan diupload nggak terlalu banyak kalau Pilpres kemarin kan berlembar-lembar.”

Baca Juga : Bimtek Keuangan Badan Adhoc KPU Kota Pasuruan 

Turut mendampingi Komisioner KPU, Admin Sirekap Bill Christian Purba, S.IP atau yang akrab dipanggil Bang Bill mengatakan update aplikasi Sirekap terbaru versi 2.68 lebih akurat dalam penulisan DPT dan lainnya “Jadi dalam aplikasi Sirekap versi 2.68 ada perbaikan untuk fitur DPT yang disesuaikan dengan angka riil dari Sidalih. Sirekap versi 2.68 ini terintegrasi dengan Sidalih untuk meminimalisir kesalahan saat penulisan DPT.”

“Dalam kesiapannya menghindari kesalahan yang terjadi saat uji coba Sirekap tim teknis KPU Kota Pasuruan dibagi untuk 4 wilayah kecamatan yang ada di kota Pasuruan. Kita turunkan 4 personil untuk masing-masing Kecamatan untuk membantu teman-teman PPK dan PPS dalam Uji Nasional ke 2 ini.” tambah Bang Bill. 

Anggota PPS peserta uji coba Sirekap ke-dua di Aula Bugul Kidul sedang mengambil gambar dari lembar formulir C-Hasil

Salah satu KPPS peserta uji coba Sirekap yang juga ketua TPS 5 Kelurahan Kepel Aldy Ikrom, Amd. Kep. Memberikan kesan positif dan senang sudah diberikan kesempatan mencoba aplikasi Sirekap ternyata cukup mudah. Tp ia berharap akan ada pelatihan dan uji coba lagi untuk menambah ketelitian dalam penulisan angka-angka. “Terimakasih banyak bisa mencoba Sirekap tidak susah dan mudah dipahami. Cuma kita harus lebih teliti dan semoga ada pelatihan lagi agar bisa lebih paham lagi. Alhamdulillah untuk TPS 5 Kelurahan Kepel sudah bisa memahami Sirekap ini.” (Miftah) 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mantapkan Akurasi Penghitungan Suara Digital, KPU Kota Pasuruan Gelar Uji Coba Kedua SIREKAP Versi 2.68

Trending Now