Ketua Sementara DPRD Tulungagung Bacakan Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Admin JSN
02 Oktober 2024 | 20.06 WIB Last Updated 2024-10-02T13:06:02Z

 

Ketua Sementara DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos., membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Selasa (1/10).

TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM – Ketua Sementara DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos., memimpin pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Selasa (1/10). 

Upacara ini dipimpin oleh Pj Bupati Tulungagung, Dr. Ir. Heru Suseno, M.T., dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Tulungagung, serta sejumlah pejabat daerah.

Dalam upacara tersebut, Marsono juga menyerahkan bingkisan penghargaan kepada para mantan pejuang, sebagai bentuk apresiasi atas jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Saat membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila, Marsono menyampaikan bahwa sejak proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia telah menghadapi berbagai rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri, yang bertujuan untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Hal ini, katanya, terjadi karena kelengahan dan kurangnya kewaspadaan bangsa terhadap ancaman tersebut.

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara,” ujarnya.

Ikrar Kesaktian Pancasila yang dibacakan oleh Marsono sama dengan ikrar yang juga dibacakan oleh Ketua DPR RI periode 2019-2024, Dr. (H.C.) Hj. Puan Maharani, dalam upacara peringatan yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Ada pun secara lengkap Ikar Kesaktian Pancasila yang dibacakan Marsono sebagai berikut :

IKRAR
Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya:
Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Sementara DPRD Tulungagung Bacakan Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Trending Now