Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Jelita Lestari, Jurnal Online Optimalisasi Pembimbingan Guru Pamong dan Mahasiswa PPG

Eko Rudianto
25 Oktober 2024 | 19.20 WIB Last Updated 2024-10-25T14:02:41Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam upaya untuk terusmeningkatkan kualitas pembimbingan dan pelaksanaanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Malang (UM)memperkenalkan sebuah inovasi terbaru berupa platform jurnal online berbasis lesson study dengan nama “JelitaLestari”. Platform ini dikembangkan khusus untukmemfasilitasi guru pamong dan mahasiswa dalam proses refleksi pembelajaran dan dokumentasi bimbingan yang lebihsistematis.

Website Jelita Lestari dirancang sebagai sarana bagi guru pamong untuk merekam, memantau, serta mengevaluasipembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPG di lapangan. Platform ini juga menyediakan ruang bagi guru pamong untuk menuliskan hasil lesson study mereka dalambentuk artikel ilmiah, yang nantinya dapat dipublikasikan. Dengan adanya platform ini, diharapkan akan terjadipeningkatan kualitas pembimbingan, yang pada akhirnyaberdampak positif pada kemampuan pedagogis mahasiswacalon guru.

"Selama ini, kualitas bimbingan guru pamong dalam PPL masih sangat bervariasi, belum memiliki standard yang tetap. Melalui Jelita Lestari, kami berharap dapat mengintegrasikanproses pembelajaran yang lebih terstruktur dan kolaboratif, sehingga guru pamong dapat lebih efektif dalam membimbingmahasiswa," ujar Prof. Dr. Ibrohim, M.Si, ketua timpengembang platform ini.

Inovasi Jelita Lestari dilatarbelakangi oleh kebutuhan untukmemperbaiki proses pembimbingan PPL yang selama inidinilai masih kurang optimal. Berdasarkan kajian yang dilakukan di beberapa sekolah mitra PPG UM, ditemukanbahwa masih banyak guru pamong yang kesulitan dalammemberikan bimbingan pedagogik yang efektif, terutamadalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan refleksipembelajaran.

Platform Jelita Lestari hadir dengan fitur yang memudahkanguru pamong untuk melacak proses bimbingan dan mencatatperkembangan mahasiswa. Dengan demikian, platform inijuga diharapkan dapat mendorong guru pamong untuk lebihaktif dalam berbagi pengalaman dan praktik terbaik melaluipublikasi artikel di jurnal online tersebut. Proses kolaboratifantara guru pamong, dosen pembimbing lapang, dan mahasiswa akan menjadi lebih transparan dan terarah.

Meskipun Jelita Lestari saat ini masih dalam tahappengembangan dan belum diuji coba secara luas, potensimanfaatnya sangat besar. Platform ini dapat menjadi solusibagi banyak kendala yang selama ini dihadapi dalampelaksanaan PPL, khususnya terkait dengan dokumentasi dan refleksi pembelajaran yang belum terstandarisasi.

Dengan didukung oleh tim ahli di bidang pendidikan, JelitaLestari diharapkan tidak hanya menjadi inovasi lokal, tetapijuga dapat diimplementasikan di berbagai institusi pendidikanlainnya di Indonesia. "Kami optimis bahwa platform ini dapatmenjadi standar baru dalam proses pembimbingan PPL di masa mendatang," tambah Prof. Ibrohim.

Kedepannya, Jelita Lestari akan terus dikembangkan dan diperbaiki berdasarkan hasil uji coba yang akan dilakukan di beberapa sekolah mitra. “besar harapan saya nantinyaplatform ini akan memberikan dampak nyata dalammeningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru di Indonesia,” pungkas Prof. Ibrohim.


Pewarta: Maya Umi H – Mahasiswa UM

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelita Lestari, Jurnal Online Optimalisasi Pembimbingan Guru Pamong dan Mahasiswa PPG

Trending Now