Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Spektakuler ! Gelar Karya P5 Yayasan Ponpes MIftahul Ulum AL Manaf Tampilkan 9 Tari, 1 Drama Kolosal, 9 Stand Bazar Kuliner Nusantara

Eko Rudianto
23 September 2024 | 17.13 WIB Last Updated 2024-09-23T15:19:33Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam Rangka Impelementasi Kurikulum Merdeka Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dampit, yang terdiri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ibnu Rusdy dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cendekia Madinah, yang beralamat di desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan di Halaman SMK Cendekia Madinah pada, Sabtu (21/924).

Kegiatan ini bertujuan untuk terwujudnya karakter yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila, memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitarnya. Keterampilan itu beragam, mulai keterampilan untuk menghadapi dunia kerja, ketrampilan dalam berwirausaha maupun dalam prestasi akademik dan non akademik. Inilah tujuan utama dari lembaga pendidikan formal tersebut.

Kepala Sekolah SMK Cendekia Madinah Sabur, S.HI.,MH menjelaskan bahwa SMK Cendekia Madinah Dampit merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren yang membangun Budaya Nusantara berbasis Teknologi dan Kesehatan menjadi unsur utama yang terintegrasi dalam upaya memberi bekal kepada santri dan siswa dalam menyongsong Indonesia Emas.

"SMK Cendekia Madinah Dampit ini adalah lembaga berbasis pesantren, membangun budaya nusantara berbasis teknologi dan kesehatan adalah unsur utama yang terintegrasi dalam upaya membekali santri dan siswa menyongsong Indonesia Emas" tutur Sabur.

Pendidikan formal yang setidaknya memiliki 293 siswa SMP yang terdiri dari 5 kelas dan 305 siswa SMK yang terdiri dari 9 kelas, dengan jurusan Farmasi, Multimedia atau Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini menggelar kegiatan P5 dengan orientasi dan output yang berbeda sesuai bidang keahliannya, misalnya dalam open stand bazar yang beragam sesuai dengan jurusannya masing masing.

Untuk jurusan DKV siswa memamerkan hasil produknya yang berhubungan dengan DKV seperti desain, packaging, sablon kaos, dan cetak souvenir secara digital. Pada jurusan farmasi siswa memamerkan obat herbal dengan pemanfaatan produk rempah lokal yang menyehatkan, dan TKJ yang menerima jasa pemasangan dan instalasi wifi serta cctv yang dikerjakan langsung oleh siswa SMK Cendekia Madinah didampingi oleh tenaga profesional.

Kemudian untuk menumbuhkan bakat dan minat siswa dalam bidang ekstrakulikuler, kegiatan P5 ini menampilkan beragam kesenian tari, seperti tari Tari Dolanan Jawa, Tari Damar Mesunar, Tari Gugur Gunung, Tari Gambang Suling, Tari Sawung Blanggreng, Tari Beskalan Lanang, Tari Bapang, Tari Drupadi Murca, Tari Zapin Melayu, serta Drama Kolosal Keris Lacut Singasari. Semua pertunjukan ini diperankan oleh siswa-siswi yayasan pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit yang terdiri dari kelas 7 hingga 9 SMP Ibnu Rusdy dan kelas 10-12 SMK Cendekia Madinah Dampit, yang telah dibimbing oleh guru seni tari yang professional.

Dari upaya kerja keras yang dilakukan oleh lembaga pendidikan formal yayasan pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit, berupa kegiatan yang telah dilakukan dalam P5 diatas membuktikan bahwa lembaga pendidika ini serius dalam mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan memiliki daya saing yang tidak kalah dengan lembaga pendidikan lainnya. Komiten bersama yang telah dilakukan ini kemudian diharapkan mampu memperoleh kepercayaan masyarakat dalam mengemban tugas mendidik puta-putri masyarakat untuk menitipak puta/puterinya terhadap pembaga pendidika  ini sebagai rujukan dalam mengenyam pendidikan, untuk mempersipakan masa depan yang lebih baik melalui dunia pendidika untuk kemudian menghadapi dunia kerja. Sekolah ini selalu siap mengemban tugas mulia tersebut dan segera daftarkan putra/putri terbaik bapak dan ibu sekalian yang menginginkan putera putrinya memperoleh pengetahuan dunia yang baik dan bekal ilmu agama yang mumpuni.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Spektakuler ! Gelar Karya P5 Yayasan Ponpes MIftahul Ulum AL Manaf Tampilkan 9 Tari, 1 Drama Kolosal, 9 Stand Bazar Kuliner Nusantara

Trending Now