Pelatihan Menulis Cerpen di Sanggar Tikar SMA 3 Putri An-nuqoyah Guluk-guluk Sumenep

Admin JSN
13 September 2024 | 08.07 WIB Last Updated 2024-09-13T01:07:33Z


SUMENEP | JATIMSATUNEWS.COM - Alhamdulillah, diliputi rasa sukur acara Pelatihan Menulis Cerpen dalam rangkaian "Maulid Sastra Gunung Moncek," yang bekerja sama dengan Sanggar Tikar SMA 3 Putri Guluk-guluk lancar dan sukses.

Sekitar 50 peserta kurang lebih hikmat mengikuti alur kegiatan yang dimulai dengan acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMA Putri Annuqoyah yang menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi semacam ini sangat penting untuk meningkatkan minat literasi pada santri.

Sambutan, Ketua Komunitas Kampoeng Jerami juga menegaskan bahwa acara pelatihan menulis cerpen berkat Bapem dari Kemendikbudristek dan Badan Bahasa. Maka, acara pelatihan tersebut tidak disia-siakan sehingga mampu menghadirkan pembicara: Muna Masyari dan K.M.Faizi adalah orang-orang terbaik di dunia tulis menulis.

Acara yang dimulai dari sejak jam. 08.00 WIB sampai selesai tersebut juga dihiasi dengan nyanyian Indonesia Raya, Mars Santri juga Ya lal wathon oleh paduan suara yang juga dari SMA 3 Putri.

Sungguh, hikmat acara tersebut membuat peserta sangat fokus ke penyampaian materi persesi, lebih-lebih cara K.M Faizi menyampaikan materi secara santai lebih mudah diterima oleh peserta sehingga materi yang beliau sampaikan akan menjadi bekal penulisan cerpen yang baik dan efektif.

Sedang Muna Masyari tidak cuma membekali peserta dengan materi semata tapi ia juga membekali mereka dengan praktek langsung menulis judul, kalimat serta plot dan juga pembangunan konflik dalam cerpen.

Di Akhir acara penutupan, Ibu Yulitin Sungkowati dari Balai Bahasa Jawa timur beserta tim yang berkesempatan menghadiri acara tersebut memberikan semacam sambutan yang berisi pembinaan serta harapan-harapan kepada komunitas yang ada di Sumenep agar tetap lestari dan tetap berkarya.

Akhirnya, sayonara semuanya dan sampai jumpa di malam Puncak, "Maulid Sastra Gunung Moncek," tanggal, 28 September 2024 di depan sekretariat Komunitas Kampoeng Jerami Moncek Tengah. Pentas karya ini kolaborasi utuh antara Masyarakat setempat dengan berbagai seniman lainnya.(Yayan)

Pewarta: Yan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Menulis Cerpen di Sanggar Tikar SMA 3 Putri An-nuqoyah Guluk-guluk Sumenep

Trending Now