Workshop Kesadaran Lingkungan Melalui Ecobrick oleh Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur Bersama Ibu PKK RW 2 Desa Mojowarno

Admin JSN
23 Agustus 2024 | 18.52 WIB Last Updated 2024-08-23T11:52:55Z

 

Ibu-ibu PKK RW 2 Desa Mojowarno antusias mengikuti Workshop Ecobrick bersama mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur, sebagai upaya kreatif dalam mengelola sampah plastik dan menjaga lingkungan

MOJOWARNO | JATIMSATUNEWS.COM – Sampah plastik menjadi perhatian serius di desa Mojowarno. Menanggapi hal tersebut, para mahasiswa KKN dari kelompok 1 melaksanakan salah satu program kerja unggulannya, yaitu Workshop Ecobrick(11/8/2024)

Workshop tersebut dilaksanakan di Balai RW 02 yang dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK RW 02 desa Mojowarno. Program kerja unggulan kami pun turut disambut dengan antusiasme oleh seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan diharapkan dapat menjadi solusi kreatif dalam mengatasi adanya sampah plastik. 

Selain penjelasan mengenai pembuatan ecobrick, para peserta pun diberikan pemahaman mengenai potensi ekonomi. Peserta pun dapat berinovasi dalam menciptakan produk-produk unik dari bahan tersebut, seperti meja, kursi, dan sebagainya. 

Dengan adanya hal tersebut dapat menjadikan pembelajaran bagi masyarakat desa mojowarno yang dimana dapat memanfaatkan fasilitas bank sampah dan juga TPS3R. Bukan hanya dari kami kelompok 1, di desa Mojowarno sendiri sering dilakukan sosialisasi tentang 3R (Reduse, Reuse, Recycle).

Workshop ecobrick ini memiliki beberapa rangkaian acara, yaitu penjelasan mengenai materi kesadaran lingkungan, dan materi penjelasan mengenai ecobrick yang dilanjutkan dengan demo pembuatan ecobrick kepada seluruh ibu PKK yang turut hadir.

Penanaman aksi peduli lingkungan hidup bukan hanya untuk kalangan dewasa dan lansia, melainkan juga anak-anak dan remaja, dimana penanaman jiwa peduli lingkungan hidup ini dapat ditanamkan sejak dini. Maka dari itu, seluruh anggota kelompok 1 mengupayakan program kerja unggulan yang turut mendukung aksi peduli lingkungan hidup.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Workshop Kesadaran Lingkungan Melalui Ecobrick oleh Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur Bersama Ibu PKK RW 2 Desa Mojowarno

Trending Now