UMKM Menur Pumpungan Siap Go-Produktif: Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jatim Gelar Sosialisasi Strategi Pemodalan, Manajemen Keuangan, serta Legalitas Usaha

Admin JSN
30 Agustus 2024 | 09.00 WIB Last Updated 2024-08-30T02:00:42Z
Bapak Dr. Gideon Setyo Budiwitjaksono, M.Si., CFrA hadir sebagai pembicara dalam acara sosialisasi strategi permodalan, manajemen keuangan, dan legalitas usaha yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UPNVJT

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 03 di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Gyska Indah Harya, SP., M.Agr. dari Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur memberikan sosialisasi strategi permodalan usaha “Super Legit”, pengelolaan keuangan serta legalitas usaha terhadap UMKM di Kelurahan Menur Pumpungan, pada Kamis (15/8/2024). Bapak Dr. Gideon Setyo Budiwitjaksono, M.Si., CFrA menjadi pembicara dalam acara sosialisasi tersebut serta mendatangkan wakil koordinasi dari komunitas UMKM Ibu Titas di sekitar kelurahan Menur Pumpungan.  

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 30 pelaku UMKM di sekitar kelurahan Menur Pumpungan, yang sebagian besar merupakan wirausahawan baru. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari program kerja yang bertujuan untuk memberikan pembinaan dan dukungan kepada para pelaku UMKM setempat. Acara sosialisasi ini dipandu oleh pakar atau ahli di bidang kewirausahaan dan keuangan, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang cara mengelola usaha secara efektif.
Selama berlangsungnya acara sosialisasi, para peserta diperkenalkan pada berbagai strategi untuk memodalkan bisnis mereka, termasuk cara mengakses sumber pendanaan, mengelola arus kas, dan membuat rencana bisnis. Mereka juga belajar tentang pentingnya manajemen keuangan, termasuk cara membuat anggaran, melacak pengeluaran, dan mengelola laba.

Selain itu, para peserta juga diberikan pengarahan tentang pentingnya legalitas bisnis, termasuk cara mendaftarkan bisnis, memperoleh izin yang diperlukan, dan mematuhi peraturan terkait. Selaku wakil dari komunitas UMKM, Ibu Titas mengungkapkan rasa terima kasihnya atas diadakannya acara ini. "Saya sangat berterima kasih atas acara ini, karena akan sangat membantu para pelaku UMKM akan pentingnya pengelolaan keuangan dan legalitas bisnis dikarenakan para pelaku usaha setempat juga merupakan wirausahawan baru," katanya.

Acara sosialisasi ini disambut baik oleh para pelaku UMKM yang menghargai kesempatan untuk belajar dari para ahli dan berjejaring dengan sesama pengusaha. Acara ini diharapkan menjadi yang pertama dari banyak inisiatif untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di kelurahan Menur Pumpungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UMKM Menur Pumpungan Siap Go-Produktif: Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jatim Gelar Sosialisasi Strategi Pemodalan, Manajemen Keuangan, serta Legalitas Usaha

Trending Now