Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Disambut Antusias Warga Desa Bejijong

Admin JSN
07 Agustus 2024 | 11.24 WIB Last Updated 2024-08-07T04:24:21Z
Para Peserta KKNT Bela Negara bersama Peserta Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Pengelolaan sampah organik yang efektif sangat diperlukan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Pupuk kompos menjadi solusi ramah lingkungan yang dapat menggantikan pupuk kimia, khususnya dalam memanfaatkan sampah rumah tangga. Penggunaan pupuk kompos tidak hanya membantu menjaga kualitas tanah, tetapi juga meningkatkan kesuburan tanaman dan memperbaiki struktur tanah.

Untuk mengatasi masalah sampah organik yang belum dikelola dengan baik, mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur mengajak warga RT 03/RW 01, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, untuk memanfaatkan sampah organik melalui sosialisasi bertajuk “Kompos: Dari Sampah Basi Jadi Pupuk Bergizi”. Kegiatan ini diadakan pada Senin, 5 Agustus 2024 di Balai RT 03, RW 01, dihadiri oleh ibu-ibu PKK RT 03, RW 01.

Para mahasiswa KKNT Bela Negara berharap melalui sosialisasi ini, warga dapat lebih terampil dalam mengelola sampah organik menjadi pupuk kompos yang bernilai. "Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam pengelolaan sampah rumah tangga," ungkap Yanita, salah satu mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 2 yang juga menjadi pemateri sosialisasi dan demonstrasi.

Sosialisasi ini mendukung upaya penerapan Sustainable Development Goals (SDG’s) desa, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020. SDG’s Desa bertujuan mewujudkan desa yang peduli lingkungan.

Acara berlangsung lancar dan menarik selama kurang lebih 60 menit dengan partisipasi 29 peserta. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya pertanyaan dan minat mereka untuk mencoba membuat pupuk kompos sendiri. "Kegiatan ini menambah ilmu baru. Saya akan coba praktekkan saat menanam bunga hias di rumah. Semoga bunganya bisa bermekaran indah," kata Ibu Anis, Ketua PKK RT 03/RW 01 yang turut berpartisipasi.

Ibu Eriswati, Ketua Bank Sampah RT 03/RW 01, juga menyatakan bahwa materi sosialisasi dan demonstrasi disampaikan dengan baik dan mudah dipahami. "Materinya sudah jelas dan bisa dipahami. Nanti saya praktekkan sendiri di kebun saya," ujarnya.

Dukungan dan partisipasi warga menunjukkan bahwa sosialisasi pemanfaatan sampah organik ini sangat bermanfaat dan memberikan pembelajaran baru bagi warga RT 03/RW 01 Desa Bejijong. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi warga untuk mengelola sampah organik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai.

Penulis: Dita Firly Aviliani, Wirda Fitria Sahila, Subchan Ali Zainal Abidin

#Sosialisasi #Demonstrasi #PeduliLingkungan #PupukKompos #SampahOrganik #Trowulan #KKNTBelaNegara #UPNVeteranJawaTimur
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Disambut Antusias Warga Desa Bejijong

Trending Now