Semarak Agustusan di Desa Gelam : Cerita Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN Veteran Jawa Timur

Admin JSN
19 Agustus 2024 | 11.41 WIB Last Updated 2024-08-19T04:41:03Z
Foto bersama mahasiswa KKN dengan warga RT 20 Desa Gelam

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN “Veteran” Jawa Timur turut serta dalam semarak perayaan Agustusan di Desa Gelam, pada Selasa (13/8/2024). Dimana pada tiap mahasiswa dibagi menjadi ke beberapa kelompok untuk mendatangi beberapa RT. Salah satu RT yang didatangi oleh tim KKN adalah RT 20 Desa Gelam. Berbagai lomba yang diadakan pada hari itu melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga ibu-ibu, menciptakan suasana yang penuh keceriaan dan kebersamaan.

Lomba pertama yang diikuti oleh anak-anak dan remaja adalah lomba memasukkan karet ke dalam botol menggunakan sedotan secara estafet. Dalam lomba ini, setiap peserta harus mengambil karet dalam mangkuk dengan menggunakan sedotan dan berlari menuju temannya untuk memberikan karet yang dibawa. Kemudian, orang yang membawa karet tersebut kembali menuju ke titik awal untuk memasukkan karet ke dalam botol. Begitu seterusnya, sampai waktu lomba habis. Lomba ini tidak hanya menguji kecepatan, tetapi juga ketangkasan dan kerja sama tim. Mahasiswa KKN, turut membantu mengatur jalannya lomba serta memberikan semangat kepada para peserta yang berjuang dengan penuh antusiasme hingga turut serta mengikuti perlombaan yang ada.

Lomba selanjutnya diikuti langsung oleh ibu - ibu warga RT. 20 Desa Gelam
Sidoarjo. Lomba tersebut adalah lomba mengapit balon sambil berjoget dengan
peraturan balon tidak boleh sampai jatuh. Lomba ini mengundang banyak tawa,
terutama saat balon-balon mulai berjatuhan dan ibu-ibu mencoba menangkapnya dengan berbagai cara. Warga RT. 20 termasuk mahasiswa KKN sangat terhibur melihat semangat dan keseruan para ibu dalam mengikuti lomba ini.

Lomba terakhir adalah lempar balon air dengan menggunakan sarung. Dalam lomba ini, peserta berisi 4 orang dalam satu kelompok dan setiap kelompok harus
menangkap balon air yang dilempar oleh lawannya dengan menggunakan sarung.
Kelompok yang berhasil menangkap balon air tanpa pecah hingga jarak terjauh akan
menjadi pemenang. Lomba ini penuh dengan tantangan karena balon air mudah
pecah jika tidak ditangkap dengan tepat. Mahasiswa KKN pun turut ikut bermain dan merasakan ketegangan saat melempar bola ke arah lawan. Tidak hanya itu
kegembiraan juga dirasakan saat melihat tawa dan sorakan dari peserta dan
penonton, terutama ketika balon air pecah dan membasahi para peserta.

Partisipasi mahasiswa KKN dalam kegiatan Agustusan ini tidak hanya mempererat
hubungan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dengan warga RT. 20 di desa
Gelam, tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Perlombaan dimulai dari jam 8 malam sampai jam 11 malam, namun semangat dan antusiasme dari warga RT 20 tidak padam. Melalui lomba-lomba ini, diharapkan dapat memberikan pembelajaran lebih banyak tentang semangat kebersamaan dan bagaimana merayakan kemerdekaan dengan cara yang unik dan penuh kegembiraan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak Agustusan di Desa Gelam : Cerita Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN Veteran Jawa Timur

Trending Now