Pembaharuan Area Taman dengan Mural: Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Ubah Area Kumuh Menjadi Ruang Edukasi

Admin JSN
25 Agustus 2024 | 16.51 WIB Last Updated 2024-08-25T09:51:11Z

 

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim mengubah area kumuh di Kelurahan Nginden Jangkungan menjadi taman edukatif dengan mural yang mengusung nilai-nilai Pancasila, untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2  Gelombang 2 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melaksanakan pembaharuan area yang disalahgunakan dengan melakukan pembuatan mural di RW 02 Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. (16/08/2024)

Berawal dari keluhan Ketua RT 04 RW 02 yang mengeluhkan suatu hal yaitu: tempat yang awalnya adalah taman yang indah, berubah menjadi tempat yang kumuh dan jorok. Karena kurangnya kesadaran `warga sekitar dan warga dari luar yang membuang sampah sembarangan di area Taman yang indah tersebut.

Banyaknya warga sekitar dan warga dari luar yang membuang sampah sembarangan di area Taman itu mengakibatkan penumpukan sampah, dan pihak RT 04 membakar sampah – sampah itu, agar sampah itu tidak menumpuk lebih banyak lagi di area Taman tersebut.

Pada akhirnya tembok Taman itu menjadi hitam, karena pembakaran sampah yang disebabkan oleh penumpukan sampah, dan area Taman tersebut terlihat semakin kumuh dan terbengkalai seperti gambar dibawah. Sehingga, dari pihak RT 04 menulis suatu larangan untuk tidak membuang sampah di area Taman itu. Akan tetapi, tidak dipatuhi dan masih banyak warga sekitar dan warga dari luar yang membuang sampah sembarangan di area Taman tersebut.

Hingga pada akhirnya kami mahasiswa KKN gelombang 2 kelompok 2 dari UPN “Veteran” Jawa Timur diminta oleh Ketua RT 04 RW 02 untuk mencarikan solusi atas permasalahan yang ada di RT RW tersebut. Kemudian, kelompok kami berpikir keras bagaimana caranya untuk menemukan solusi agar warga sekitar dan warga dari luar tidak membuang sampah sembarangan di area Taman tersebut..

Dan muncul suatu ide untuk merubah area Taman yang kumuh dan terbengkalai itu dengan membuat mural pada area Taman tersebut. Dengan memberi lukisan yang indah dan membersihkan area Taman tersebut, kami berharap warga sekitar dan warga luar tidak akan membuang sampah sembarangan lagi pada tempat yang tidak seharusnya menjadi tempat pembuangan sampah.

Pada lukisan tersebut, kami menggambarkan beberapa orang yang sedang memegang teguh nilai nilai pancasila. Dimana pada gambar tersebut memiliki makna warga yang sedang bergotong royong dengan menerapkan nilai – nilai pancasila.

Dengan menerapkan nilai – nilai pancasila, warga sekitar maupun warga luar akan mengetahui betapa pentingnya gotong royong menjaga kebersihan lingkungan. Karena menjaga kebersihan lingkungan itu adalah suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan dimana saja, agar lingkungan tempat tinggal kita bersih dan jauh dari sampah.

Pembuatan mural itu sendiri adalah suatu bentuk upaya pembaharuan area yang dilakukan berdasarkan keluhan dari ketua RT 04 RW 02. Pembaharuan area ini dilakukan oleh Tim KKN UPN “Veteran” Jawa Timur  gelombang 2 kelompok 2 dari tanggal 11-16 Agustus 2024.

Berikut proses – proses pembuatan mural:

  1. Melihat kondisi temboknya apakah masih mulus atau sudah berlubang. Jika sudah berlubang, kita harus menambal temboknya dulu dengan semen, agar tekstur permukaan temboknya rata dan halus. Hal ini dilakukan agar nantinya memudahkan kita saat proses pengecatan tembok.
  2. Menggambar sketsa dari konsep mural yang sudah disiapkan sebelumnya dengan menggunakan kapur, agar saat terjadi kesalahan pembuatan sketsa, sketsa tersebut bisa dihapus dengan mudah.
  3. Memberi great berupa huruf acak untuk ditulis ditembok, fungsinya adalah memudahkan kita untuk melakukan skala dari digital ke tembok.
  4. Pastikan skala yang dipakai sesuai dengan konsep yang sudah dibuat secara digital.
  5. Pengecatan diawali dari warna background, karena warna background adalah warna terbawah (paling dasar) dari desain kita.
  6. Setelah itu pengecatan dilakukan secara bertahap ke warna – warna yang sudah ditentukan sesuai dengan susunan warnanya.
  7. Jika sudah dicat semua, tinggal melakukan finishing, dengan memberikan shadow dan highlight pada desain, agar gambarnya terlihat lebih hidup.
  8. Pembuatan mural sudah selesai.

Dengan pembuatan mural ini, Ketua RT 04 dan RW 02 sangat mendukung adanya pembaharuan area dengan pembuatan mural, diharapkan dengan pembuatan mural di area Taman itu dapat meningkatkan kesadaran warga sekitar dan warga dari luar, untuk lebih bergotong royong menerapkan nilai – nilai pancasila dengan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembaharuan Area Taman dengan Mural: Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Ubah Area Kumuh Menjadi Ruang Edukasi

Trending Now