Muhammad Zufar Abqory, santri SMP Ar-Rohmah Boarding School Malang, berhasil meraih Medali Perak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 tingkat nasional bidang IPA yang berlangsung di Jakarta, 5-11 Agustus 2024.

Admin JSN
12 Agustus 2024 | 18.32 WIB Last Updated 2024-08-12T11:32:03Z

 

Muhammad Zufar Abqory, santri SMP Ar-Rohmah Boarding School Malang, berhasil meraih Medali Perak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 tingkat nasional bidang IPA yang berlangsung di Jakarta, 5-11 Agustus 2024

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM - Kabar gembira datang dari SMP Ar-Rohmah Boarding School Malang setelah salah satu santrinya, Muhammad Zufar Abqory, berhasil meraih Medali Perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 pada mata pelajaran IPA tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta, pada Sabtu (10/8/2024). Prestasi ini merupakan buah dari kerja keras dan proses yang panjang. 

OSN 2024 tingkat nasional diadakan di Hotel Redtop, Jl. Pecenongan, Jakarta, pada 5-11 Agustus 2024. Pada ajang ini, hadiah untuk jenjang SMP dibagi menjadi beberapa kategori: medali emas untuk 3 orang, medali perak untuk 5 orang, dan medali perunggu untuk 10 orang. Selain medali, para pemenang juga menerima uang pembinaan, piagam penghargaan, dan E-Sertifikat untuk seluruh peserta. 

Muhammad Zufar Abqory mewakili Provinsi Jawa Timur di ajang bergengsi ini. Ia didampingi oleh Ibu Ruli Dyah Rachmawati, sang ibu, serta Ibu Nurul Sri Utami sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. 

Setelah sukses meraih Medali Perak, Zufar juga mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta rupiah serta beberapa penghargaan lainnya. 

Pencapaian ini membuat seluruh guru dan tim olimpiade di SMP Ar-Rohmah Boarding School merasa bangga. 

"Apa yang dicapai oleh ananda Zufar tidak hanya membanggakan sekolah, tetapi juga Provinsi Jawa Timur," ujar Ust Jefi Andi Navianto.

Keberhasilan Zufar ini menjadi suntikan semangat bagi tim olimpiade sekolah, terutama setelah tiga siswa lainnya akan mengikuti final Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Ternate, Maluku Utara. Seakan prestasi tak pernah surut namun semakin terbang tinggi menunjukkan eksistensi.

"Kami senantiasa membimbing dengan penuh perjuangan, terlebih tim olimpiade IPA yang terus memberikan support dan motivasi bagi anak-anak sejak OSN tingkat Kabupaten hingga sekarang bisa meraih medali Perak pada tingkat Nasional," kata Ust Riko Wahyu Awaluddin, pembina OSN IPA.

Ust Yanuar Dhita, anggota tim olimpiade IPA SMP Ar-Rohmah Boarding School, menambahkan bahwa siswa yang berhasil meraih medali telah menjalani pembinaan khusus yang intensif. 

"Kami senantiasa membimbing dengan penuh perjuangan, terlebih tim olimpiade IPA yang terus memberikan support dan motivasi bagi anak-anak sejak OSN tingkat Kabupaten hingga sekarang bisa meraih medali Perak pada tingkat Nasional," ujarnya.

Apresiasi tinggi pun datang dari berbagai kalangan. Sesuatu proses yang tidak mudah dijalankan, namun ketika mencapainya tentu akan ada kebanggaan telah memperolehnya. 

Dengan adanya hal ini, akan meningkatkan keinginan rekan dan adik kelas untuk menyamai prestasi kakak kelasnya. 

“Sebuah hasil yang membanggakan, guru adalah leader of change, bukan hanya memberikan semangat, motivasi, dorongan, namun melakukan perubahan demi masa depan anak-anak lebih baik dan prestasi lebih tinggi” ujar Ust Syarif Hidayatullah, M.PdI, selaku Kepala Sekolah SMP Ar-Rohmah Boarding School.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Muhammad Zufar Abqory, santri SMP Ar-Rohmah Boarding School Malang, berhasil meraih Medali Perak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 tingkat nasional bidang IPA yang berlangsung di Jakarta, 5-11 Agustus 2024.

Trending Now