Memperingati 77 Tahun Pertempuran TRIP, Satmenwa 836/MP Universitas Islam Malang Ikuti Sarasehan, Ziarah, dan Tabur Bunga

Admin JSN
02 Agustus 2024 | 07.49 WIB Last Updated 2024-08-02T00:49:48Z
 
Satmenwa Universitas Islam Malang mengikuti serangkaian kegiatan untuk memperingati 77 tahun pertempuran TRIP
MALANG|JATIMSATUNEWS.COM - Dalam rangka memperingati 77 tahun peristiwa heroik Pertempuran Pelajar Pejuang TRIP di Jalan Salak, Malang, pada tanggal 31 Juli 1947, Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) 836/MP Universitas Islam Malang telah mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan, menanamkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda, serta memperkokoh rasa nasionalisme. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2024 dan 31 Juli 2024.

Kegiatan peringatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu:
1. Sarasehan Perjuangan TRIP. Pada hari Senin, 29 Juli 2024 pukul 07.00, kegiatan sarasehan berlangsung di Aula Museum Brawijaya, Kota Malang. Sarasehan ini dihadiri oleh siswa mulai dari tingkat SMP hingga perguruan tinggi. Para pemateri memberikan wawasan kebangsaan yang diakhiri dengan pertunjukan drama bertajuk "Peristiwa Pertempuran Pelajar Pejuang TRIP" yang dibawakan oleh siswa sekolah dasar.

2. Ziarah dan tabur bunga. Pada hari Rabu, 31 Juli 2024 pukul 06.45-10.30, kegiatan ziarah dan tabur bunga dilaksanakan di Monumen Pahlawan TRIP. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, penerus TRIP, serta ketua TRIP se-Jawa Timur. Generasi 1, 2, dan 3 MAS TRIP juga turut hadir. Selain itu, juga diikuti oleh siswa SMK serta perguruan tinggi. Kegiatan ini mencakup upacara ziarah, tabur bunga, doa bersama, penghormatan kepada para pahlawan, serta penampilan teaterikal Arek Ngalam.

3. Sarasehan Bersama Bank Indonesia. Pada hari Rabu, 31 Juli 2024 pukul 13.30, sarasehan kembali diadakan di Museum Brawijaya, Kota Malang. Acara ini dihadiri oleh siswa SMP, SMK, dan perguruan tinggi, serta tokoh-tokoh ternama seperti Ibu Destry Damayanti dan Sekjen Paguyuban MAS TRIP Kolonel pur. Hudi Purnomo, S.H., M.Hum.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengenalkan TRIP kepada seluruh pelajar bahwa para pahlawan kita rela berkorban saat masih pelajar demi kemerdekaan bangsa. Hal ini menekankan bahwa pelajar harus tetap menjadi garda terdepan dalam memajukan negara dan mencerdaskan anak-anak bangsa dengan semangat yang luar biasa.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memperingati 77 Tahun Pertempuran TRIP, Satmenwa 836/MP Universitas Islam Malang Ikuti Sarasehan, Ziarah, dan Tabur Bunga

Trending Now