Kreativitas Bersemi di KKNT Bela Negara Kelompok 11 Gelombang 2 UPN Veteran Jawa Timur: Menggali Seni Ecoprint Bersama Siswa SDN Kedungpeluk 1, Candi, Sidoarjo

Admin JSN
20 Agustus 2024 | 18.25 WIB Last Updated 2024-08-20T11:25:29Z
Sosialisasi dan praktik ecoprint di SDN Kedungpeluk 1 oleh mahasiswa KKN UPNVJT

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM – Kelompok 11 gelombang 2 KKN Tematik Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur telah sukses menggelar kegiatan sosialisasi dan praktik ecoprint yang inovatif di SDN Kedungpeluk 1, Candi, Sidoarjo, (15/8). Dengan semangat tinggi, mahasiswa KKNT Bela Negara ini mengajak 30 siswa dari kelas 5 dan 6 untuk merasakan langsung keseruan membuat ecoprint dengan media totebag. Aktivitas ini bertujuan untuk memperkenalkan seni yang ramah lingkungan serta melibatkan siswa dalam aktivitas yang menyenangkan dan edukatif.

Teknik ecoprint yang menggunakan daun sebagai bahan utama menjadikan setiap totebag yang dihasilkan unik dan penuh kreativitas. Siswa-siswi dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari dua orang, di mana setiap kelompok mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan ide mereka. Dengan penuh semangat, para siswa dengan bimbingan mahasiswa KKN menempelkan berbagai jenis daun ke permukaan totebag. Proses ini tidak hanya melatih kreativitas tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan bahan alami.

Keseruan kegiatan ecoprint ini tidak hanya dirasakan oleh siswa, tetapi juga para mahasiswa KKN yang terlibat. Mereka dengan sabar membimbing dan memberikan arahan kepada siswa, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan penuh keceriaan. Para siswa tampak sangat antusias melihat hasil kreasi mereka yang unik, sementara mahasiswa KKN merasa bangga dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada generasi muda.

Kegiatan ecoprint ini diakhiri dengan pembagian bingkisan kepada setiap siswa sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kreativitas mereka. Sesi dokumentasi pun dilakukan untuk mengabadikan momen berharga ini, di mana para siswa dan mahasiswa KKN berfoto bersama dengan karya ecoprint mereka. Acara ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi siswa, tetapi juga memperkuat ikatan antara mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dan masyarakat melalui kegiatan yang bermanfaat dan inspiratif.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kreativitas Bersemi di KKNT Bela Negara Kelompok 11 Gelombang 2 UPN Veteran Jawa Timur: Menggali Seni Ecoprint Bersama Siswa SDN Kedungpeluk 1, Candi, Sidoarjo

Trending Now