Kolaborasi Inspiratif: Kegiatan Pendampingan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) di Kelurahan Mulyorejo Bersama KKN-T Bela Negara Kelompok 07 UPN Veteran Jawa Timur

Admin JSN
12 Agustus 2024 | 11.43 WIB Last Updated 2024-08-12T04:43:31Z
Mahasiswa KKN bersama KSH mengadakan kegiatan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) di RW 01 dan RW 04 Kelurahan Mulyorejo

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Bela Negara Kelompok 07 Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur melakukan pendampingan kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) bersama Kader Surabaya Hebat (KSH) di Kelurahan Mulyorejo. 

SOTH adalah program Pemerintah Kota Surabaya yang merupakan sekolah pengasuhan untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam mengasuh balita. Kegiatan pendampingan ini dilakukan pada tanggal 27 Juli 2024 dan 03 Agustus 2024. SOTH sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Sabtu di Kelurahan Mulyorejo.

Pada kesempatan yang pertama, Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 07 UPN “Veteran” Jawa Timur membawakan materi SOTH bagi peserta dari RW 01 Kelurahan Mulyorejo mengenai “Dampak Media Bagi Anak-Anak”. Kegiatan ini juga dihadiri oleh salah satu bidan dari Puskesmas Mulyorejo. Tidak hanya di RW 01, kegiatan SOTH juga dilaksanakan untuk peserta dari RW 04 yang berlokasi di Paud Melati.

Pada kesempatan yang kedua, materi yang dibawakan yaitu tentang “Perlindungan Anak” serta “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”. Kegiatan SOTH dimulai dengan adanya pengisian Pre-test bagi peserta untuk mengetahui sejauh mana mereka paham terhadap tema materi untuk pertemuan tersebut sebelum diberikan penjelasan mengenai materinya. Di akhir acara, peserta mengisi Post-test untuk mengetahui apakah dengan materi yang sudah disampaikan mereka menjadi lebih paham atau tidak. 

Dengan adanya kegiatan SOTH ini, diharapkan dapat menjadi jembatan orang tua agar memberikan pola asuh yang baik bagi anak dan keluarga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolaborasi Inspiratif: Kegiatan Pendampingan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) di Kelurahan Mulyorejo Bersama KKN-T Bela Negara Kelompok 07 UPN Veteran Jawa Timur

Trending Now