Kelompok 1 KKN-T Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur Periode 7-21 Agustus 2024 Disambut Hangat Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Mojowarno, Jombang

Admin JSN
22 Agustus 2024 | 18.24 WIB Last Updated 2024-08-22T11:24:52Z

 

Mahasiswa KKN-T Bela Negara 2024 Kelompok 1 bersama perangkat Desa Mojowarno usai pemaparan program kerja yang disambut dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat

JOMBANG | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa KKN-T Bela Negara 2024 Kelompok 1 dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur disambut hangat oleh perangkat desa dan masyarakat Desa Mojowarno, Jombang, dalam pemaparan program kerja yang akan mereka laksanakan selama dua pekan ke depan. Program kerja yang disusun berfokus pada tiga pilar utama Sustainable Development Goals (SDGs): lingkungan, ekonomi, dan pendidikan. (09/08/2024)

Dalam pemaparan tersebut, masyarakat Desa Mojowarno menunjukkan antusiasme tinggi, terutama mereka yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

"Kami sangat senang dengan saran dari Bapak Edi selaku Sekretaris Desa bahwa masyarakat Desa Mojowarno ini masih cenderung konsumtif. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk mengubah pola pikir yang semula konsumtif menjadi produktif adalah dengan memberikan sosialisasi tentang UMKM," ujar Dika, Ketua Kelompok 1.

Salah satu program kerja unggulan yang difokuskan pada bidang lingkungan adalah workshop kesadaran lingkungan melalui pembuatan ecobrick. 

Ecobrick merupakan hasil daur ulang dari limbah plastik yang dapat digunakan untuk berbagai inovasi dan memiliki nilai jual. 

Kegiatan ini diharapkan dapat mengubah pola pikir warga Desa Mojowarno terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Selain workshop ecobrick dan sosialisasi UMKM, Kelompok 1 juga memperkenalkan program kerja dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah program "KKN Mengajar" yang akan dilaksanakan di SDN 01 Mojowarno. 

"Selain tiga program kerja utama kami, tentunya kami akan mendekatkan diri pada masyarakat dengan mengadakan kegiatan seperti kerja bakti, senam ceria, dan lain-lain," ujar Aimee, Wakil Ketua Kelompok.

Pemaparan program kerja Kelompok 1 diakhiri dengan sesi foto bersama antara mahasiswa KKN dan seluruh perangkat desa yang hadir. Kelompok 1 memiliki harapan besar agar pemaparan ini menjadi awal yang baik. 

Dengan tekad dan semangat yang tinggi, mahasiswa KKN siap menjalani seluruh program kerja dengan lancar, mendapatkan hasil yang memuaskan, serta memberikan kontribusi nyata kepada warga Desa Mojowarno.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok 1 KKN-T Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur Periode 7-21 Agustus 2024 Disambut Hangat Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Mojowarno, Jombang

Trending Now