Guna Mengembangkan UMKM Lokal, Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Sosialisasi UMKM di Desa Gondek

Admin JSN
12 Agustus 2024 | 06.02 WIB Last Updated 2024-08-11T23:02:26Z

 


Guna Mengembangkan UMKM Lokal, Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Sosialisasi UMKM di Desa Gondek

Jombang - Mahasiswa Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada 10 Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) produk dan jasa di Balai Desa Gondek pada Jumat (9/8/2024) pukul 13.00 WIB - selesai.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok 4 Desa Gondek dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi para pelaku UMKM lokal. Dalam sosialisasi ini, mahasiswa memberikan pemaparan materi kepada pelaku UMKM lokal terkait branding, media sosial, e-commerce, dan strategi digital marketing karena hal tersebut merupakan pemahaman mendasar yang harus diketahui dalam berwirausaha di era yang sudah serba digital ini.

Dalam sosialisasi ini, mahasiswa juga menawarkan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada beberapa pelaku UMKM yang memang membutuhkan. Dengan memiliki NIB, pelaku UMKM dapat dengan mudah mengajukan berbagai izin, termasuk izin usaha dan izin komersial atau operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. NIB juga menjadi titik awal yang penting untuk mengurus sertifikasi halal untuk produk makanan ataupun minuman. Apabila pelaku UMKM memiliki NIB, dapat diartikan usahanya berjalan secara formal dikarenakan sudah terdaftar dalam database sehingga akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, mahasiswa juga mendata semua UMKM yang hadir untuk menawarkan pembuatan e-commerce apabila pelaku UMKM kebingungan dalam memasarkan produk atau jasanya karena lebih dari 60% masyarakat Indonesia menggunakan e-commerce. Dengan adanya e-commerce akan memudahkan pelaku UMKM dikarenakan e-commerce merupakan media perantara yang menghubungkan penjual-dan pembeli tanpa harus bertemu secara langsung namun hanya menggunakan internet.

Melalui program ini, mahasiswa KKN-T Kelompok 4 Desa Gondek ingin memastikan bahwa UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik, sehingga kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dapat tercapai. “Kegiatan ini adalah bagian dari upaya Kelompok 4 Desa Gondek untuk menjadikan ilmu yang kita pelajari di kampus agar bisa bermanfaat untuk masyarakat luas, dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan” ujar Narisyah selaku Ketua Acara

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guna Mengembangkan UMKM Lokal, Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Gelar Sosialisasi UMKM di Desa Gondek

Trending Now