Canangkan Bulan Agustus Sebagai Bulan ZI, Kemenag Kota Malang Siap Raih WBK

05 Agustus 2024 | 13.20 WIB Last Updated 2024-08-05T10:42:05Z

 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM-Zona integritas di dalam sebuah pelayanan publik adalah upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi juga sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Karenanya upaya untuk menjadikan setiap satuan kerja layanan masyarakat utamanya di Kementerian Agama harus dilakukan secara simultan.

Sebagai satu-satunya satuan kerja di Kementerian Agama Jawa Timur yang lolos untuk dinilai oleh Tim Penilai Nasional dari Kemenpan RB pada tahun 2024 ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Achmad Shampton melaunching bulan agustus ini sebagai bulan zona integritas.

Seluruh perangkat layanan Kementerian Agama Kota Malang didorong untuk memberi layanan terbaik kepada masyarakat dan mempersiapkan diri dalam penilaian dari Kemenpan RB yang kemungkinan akan dilakukan dibulan September Oktober.

Tujuan Utama dalam Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di kalangan instansi pemerintah pemberi publik. Karenanya Kementerian Agama  sebagai instansi pemerintah yang membawa label agama harus mampu menjadi motor utama dibidang pencegahan korupsi ini. 

“Bukan masalah gelar WBK nya tetapi menjadikan semangat ZI sebagai nafas dalam memberi pelayanan harus menjadi ruh seluruh ASN Kemenag Kota Malang,” tegas Shampton. 

“Posisi Kementerian Agama ada sebagai tauladan bagi kementerian lain, karenanya menjaga dan membangun integritas adalah tuntutan," lanjutnya.

 


Acara pencanangan yang disaksikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama Kota Malang usai apel pagi senin, 5 Agustus 2024 ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang dan diiringi pekik ZI yang dipimpin oleh Agen Perubahan Zainal Anwar. S.Sy M.HI.

Bulan Zona Integritas akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan seperti Grebeg ZI, Sharing Vision, lomba agustusan berbasis ZI dan optimalisasi program unggulan Kemenag Kota Malang yang langsung menyentuh kepada masyarakat. 

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Ketua Tim ZI, Nurul Istiqamah, M.PdI menjelaskan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Malang sudah merintis program Zona Integitas ini sejak 2019 dan sudah 2 kali maju ke penilaian TPN Kemenpan RB tetapi belum berhasil. 

“Moga-moga tahun ini berhasil, tahun ini untuk ke empat kalinya kita lolos penilaian Tim Penilaian Internal Kemenag RI karenanya seluruh potensi kita kerahkan untuk perbaikan layanan masyarakat guna meraih program Wilayah Bebas dari Korupsi tahun ini," ujarnya 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Canangkan Bulan Agustus Sebagai Bulan ZI, Kemenag Kota Malang Siap Raih WBK

Trending Now