Syukuran Warga Dusun Busu di Punden Mbok Rondo Kuning

Admin JSN
10 Juli 2024 | 20.24 WIB Last Updated 2024-07-10T13:24:10Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM - Di pagi yang cerah, masyarakat Dusun Busu, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, berbondong-bondong menuju Punden/Danyangan Mbok Rondo Kuning. Selasa Pahing, 09 Juli 2024, 

Lokasinya yang berada di tengah dusun Busu dan dikelilingi oleh rimbunnya pohon bambu serta pohon besar, menjadikan suasana sangat nyaman untuk warga berkumpul dalam acara syukuran Metri Banyu.

Rimbunnya pohon bambu dan pohon besar di lokasi punden dan sekitarnya menyebabkan banyaknya mata air yang mengalir ke sungai kecil Dusun Busu. Meski debit air saat ini banyak berkurang, warga bahu membahu mengadakan gerakan menanam sejuta pohon dan merawat tanaman demi lestarinya mata air di Punden Mbok Rondo Kuning.

Syukuran di awal bulan Suro tahun 2024 ini menjadi peristiwa penting bagi warga untuk terus mengingat tempat-tempat bersejarah dan melimpahnya air di Dusun Busu. Air yang melimpah sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan warga Busu yang damai, indah, dan sejahtera. Syukuran kali ini bertujuan agar limpahan karunia Tuhan terus mengalir sepanjang masa.

Kearifan lokal Dusun Busu tetap terjaga dengan utuh melalui budaya saling bantu-membantu, sodakhoh makanan, dan mempertebal rasa persaudaraan yang semakin tinggi. Doa-doa dalam bahasa Jawa (Ngujub) dipanjatkan selepas pembacaan Yasin dan Tahlil yang dipimpin oleh pemuka adat Busu. Doa Ngujub ini menyiratkan pentingnya menjaga kekerabatan, persatuan, dan keutuhan wilayah punden serta mata air.

Syukuran yang diadakan setiap awal bulan Suro ini menjadi pengingat untuk menjaga alam Dusun Busu dan melestarikan mata air demi kehidupan warga Dusun Busu di masa depan. Besar harapan semua warga Dusun Busu agar peristiwa bersejarah ini bisa diturunkan ke semua generasi yang akan datang.


Pewarta: Syafaat | Editor: Fachry
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Syukuran Warga Dusun Busu di Punden Mbok Rondo Kuning

Trending Now