Peningkatan Mutu dan Keterampilan di Madrasah oleh Dr. Saikhul Hadi,S.Ag., M.Fil

Admin JSN
27 Juli 2024 | 23.00 WIB Last Updated 2024-07-27T17:20:47Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Dr. H.Saikhul Hadi, S.Ag., M.Fil., menyampaikan pentingnya peningkatan mutu dan keterampilan di madrasah dalam acara yang diadakan di Holl Hotel Selecta Batu dalam Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MTsN 5 Pasuruan, Selecta, 27 Juli 2024.

Dr. Saikhul Hadi menekankan bahwa pendataan ulang Madrasah yang maju, unggul dan handal dalam Ketrampilan adalah langkah awal dalam membangun madrasah yang hebat dan kuat. 

"Suasana yang nyaman dalam pengelolaan madrasah adalah kunci utama. Dengan suasana yang nyaman, energi positif akan muncul, dan komunikasi yang baik akan terjalin, menciptakan hubungan yang harmonis seperti dalam keluarga," ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Saikhul Hadi menjelaskan empat pilar/ hal utama dalam membangun ekosistem madrasah yang kuat dan hebat:

1. Tim Kerja yang Hebat (Tim Wark): Membangun tim kerja yang akuntabel dan mengayomi semua pihak. 
"Semakin banyak yang mendoakan, semakin mudah terwujud. Tidak ada Superman, yang ada adalah supertim," katanya.
   
2. Membangun Jejaring (Networking): Pentingnya jejaring seperti olahraga, membangun tata kelola madrasah yang kuat sehingga dapat berjalan auto pilot. 

"Untuk take off dan landing, kita butuh kepala atau pilot. Kita harus mampu mengkapitalisasi stakeholder, termasuk alumni yang telah menjadi tokoh agama, eselon, atau anggota dewan," jelas Dr. Saiful Hadi.
   
3. Kolaborasi: Menggandeng pihak lain dan berbagi ilmu antar madrasah. 
"Kolaborasi dalam berbagai hal, baik di dalam madrasah maupun antar lembaga, sangat penting untuk saling mendukung dan berkembang bersama," tambahnya.
   
4. Inovasi: Bermimpi yang terukur dengan mengukur sumber daya manusia, finansial, dan stakeholder. 

"Visi kita adalah menjadikan madrasah sebagai destinasi utama para orang tua, etalase prestasi anak, dan tata kelola yang baik. Kita harus membangun citra madrasah dengan enak, nyaman, dan teratur," tutupnya.

Dr. Saikhul Hadi juga menyoroti pentingnya memberi apresiasi kepada para siswa. "Setiap Senin, mari kita beri apresiasi kepada anak-anak kita. Semakin banyak anak yang diapresiasi, semakin kuat kepercayaan diri mereka," ucapnya.

Dengan semangat kebersamaan dan sinergi, Dr. Saikhul Hadi berharap madrasah di Kabupaten Pasuruan dapat terus berkembang dan menjadi teladan dalam pendidikan agama yang berkualitas.


Pewarta: Sam | Editor: Fachry 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peningkatan Mutu dan Keterampilan di Madrasah oleh Dr. Saikhul Hadi,S.Ag., M.Fil

Trending Now