Tim PKM UNESA Bekali Guru MGMP PJOK di Tuban Olahraga Pickleball Bagian dari Permainan Bola Kecil

Admin JSN
17 Juni 2024 | 19.58 WIB Last Updated 2024-06-17T12:58:05Z

 

Para guru PJOK Kabupaten Tuban dengan antusias mengikuti sosialisasi olahraga Pickleball yang diadakan oleh Tim PKM Unesa di SMPN 1 Tuban

TUBAN | JATIMSATUNEWS.COM – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar sosialisasi olahraga Pickleball kepada para guru PJOK di Kabupaten Tuban. Kegiatan yang berlangsung pada 28-29 Mei 2024 ini bertempat di SMPN 1 Tuban.

Dr. Sapto Wibowo, M.Pd., koordinator PKM olahraga ini, yang juga dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan meningkatkan keilmuan pada mata pelajaran PJOK bagi para guru SMP dan SMA se-Kabupaten Tuban. Dr. Sapto menekankan pentingnya perkembangan olahraga baru seperti Pickleball untuk pembelajaran mapel PJOK, mengingat permainan ini dapat menjadi bagian dari permainan bola kecil yang diajarkan di sekolah.

"Pickleball tidak hanya bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar PJOK, tetapi juga diharapkan dapat menjadi ajang olahraga prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler," ujar Dr. Sapto. "Dengan peralatan yang terjangkau dan mudah dalam prakteknya, Pickleball dapat dikenalkan kepada peserta didik, sehingga selain menyenangkan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kondisi kebugaran mereka."

Hasil evaluasi dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa para guru PJOK merasa senang dengan olahraga Pickleball. Mereka menilai bahwa hampir semua sekolah sudah memiliki sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti lapangan bulutangkis yang bisa digunakan untuk bermain Pickleball. Menurut Dondy Satrio, S.Pd., guru PJOK di SMPN 1 Tuban, "Pickleball adalah olahraga permainan yang sederhana dan menyenangkan. Tidak membutuhkan lapangan yang luas, bisa dimainkan oleh anak-anak usia dini hingga pelajar, maupun yang sudah lanjut usia. Selain mudah diterapkan, Pickleball juga sangat mengasyikkan."

Sapto Wibowo menambahkan bahwa kegiatan PKM olahraga Pickleball ini akan terus didampingi dan diharapkan dapat dikembangkan di seluruh sekolah di Kabupaten Tuban. "Olahraga Pickleball sudah memiliki kalender kejuaraan yang melibatkan siswa di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Kami berharap setelah pengenalan olahraga ini, muncul bibit-bibit muda dari sekolah-sekolah di Kabupaten Tuban untuk mengikuti kejuaraan tersebut."

Dengan antusiasme tinggi dari para guru dan dukungan penuh dari Unesa, sosialisasi olahraga Pickleball ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga di kalangan siswa serta meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga di Kabupaten Tuban.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PKM UNESA Bekali Guru MGMP PJOK di Tuban Olahraga Pickleball Bagian dari Permainan Bola Kecil

Trending Now