Mahasiswa Psikologi Hang Tuah Mempelajari Kesehatan Mental secara langsung di Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang

13 Juni 2024 | 10.36 WIB Last Updated 2024-06-13T04:32:04Z

SURABAYA| JATIMSATUNEWS COM - Pada pagi hari tanggal 11 Juni 2024, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah bersemangat menjalani pengalaman baru dalam perjalanan akademik mereka, dengan didampingi oleh beberapa dosen pendamping yakni Puri Aquarisnawati, M.Psi., Psikolog, Dimas Riztiardhana, M.Psi., Psikolog dan Dr. Rini Nurahaju, M.Si., Psikolog, Tujuan pembelajaran mahasiswa yakni Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat di Lawang, Malang, yang sebelumnya lebih sering dikenal sebagai Rumah Sakit Jiwa Lawang. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, mahasiswa menjalani program Praktik Kerja Lapangan untuk mata kuliah Psikologi Klinis dan Psikopatologi.

Perjalanan mahasiswa dan dosen pendamping dimulai pada pukul 07.30 pagi dari Universitas Hang Tuah dengan menggunakan empat bus. Perjalanan menuju lokasi lancar dan rombongan tiba di Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat Lawang pada pukul 09.15 pagi, antusiasme mahasiswa dalam kegiatan ini terlihat jelas, mereka siap mempelajari seluk-beluk perawatan kesehatan jiwa.

Praktik kerja lapangan yang diselenggarakan bermanfaat untuk menjembatani mahasiswa untuk lebih memahami penerapan wawancara dan observasi serta mempelajari penatalaksanaan kesehatan jiwa secara praktis yang dilaksanakan oleh para praktisi di Rumah Sakit, sehingga mahasiswa dapat lebih mendalami konsep-konsep teori yang telah dipelajari dalam perkuliahan di kelas. Bagi mahasiswa psikologi, pengalaman ini memiliki nilai yang sangat besar. Rumah Sakit memberikan informasi dan secara langsung tentang layanan kesehatan mental sekaligus memberikan pembekalan keterampilan kepada mahasiswa dalam berinteraksi dengan pasien dalam setting klinis. Di sini, mahasiswa dapat menerjemahkan pengetahuan yang telah mereka pelajari dengan tekun ke dalam ‘skenario dunia nyata’, mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi kesehatan mental, pendekatan terapeutik dan pengobatan, serta belajar tentang perilaku pasien di lingkungan rumah sakit jiwa.

Selama di Rumah Sakit Jiwa Lawang, para mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan edukatif. Salah satunya adalah mempelajari tentang IPCU (Intensive Psychiatric Care Unit). IPCU atau Unit Perawatan Intensif Psikiatri, adalah unit khusus di rumah sakit jiwa yang memberikan perawatan intensif kepada pasien dengan gangguan jiwa yang berisiko tinggi mencederai diri sendiri atau orang lain. Pasien yang dirawat di IPCU biasanya membutuhkan pengawasan ketat dan intervensi medis dan psikologis yang intensif.

Selain itu, para mahasiswa juga mendapatkan fasilitas tur keliling Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat. Mereka mengunjungi berbagai ruangan, seperti ruang Kakak Tua, Dahlia, Garuda, dan Rehabilitasi. Di setiap ruangan, mahasiswa berkesempatan untuk mempraktekkan wawancara dan observasi secara langsung kepada pasien dengan gangguan kejiwaan, dan mendapatkan penjelasan tentang fungsi dari setiap aktivitas yang dilakukan di sana. Para mahasiswa juga berkesempatan mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa. Di museum ini, mereka mempelajari sejarah kesehatan jiwa di Indonesia dan melihat berbagai koleksi benda-benda dan alat-alat medis kuno milik rumah sakit, selain itu mereka juga mendapatkan informasi tentang penggunaan alat-alat yang digunakan dalam perawatan kesehatan jiwa pada penderita gangguan kejiwaan di masa lalu.

Pembelajaran secara langsung ini merupakan landasan dalam mempersiapkan mahasiswa psikologi untuk menjadi psikolog masa depan, menjadi profesional kesehatan mental yang kompeten dan penuh kasih. Selama berada di Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat Lawang, para mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pasien dan staf kesehatan. Interaksi ini tidak diragukan lagi dapat memberikan mereka wawasan yang berharga tentang kompleksitas kesehatan mental, berbagai perilaku pasien yang ditemui di lingkungan rumah sakit, dan dedikasi yang diperlukan untuk memberikan perawatan yang efektif. Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama praktik kerja lapangan ini akan berguna bagi mereka saat mereka memulai karir mereka di masa depan, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang kesehatan jiwa.

Program ini menumbuhkan hubungan dua arah yang bermanfaat. Sementara para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang tak ternilai, kolaborasi antara Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah dengan Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat Lawang dapat mendorong terjadinya transfer pengetahuan kepada mahasiswa. Kemitraan semacam ini bertujuan untuk membentuk dan mempersiapkan ilmuwan psikologi dan generasi psikolog masa depan untuk dapat berperan dalam memelihara kesehatan mental masyarakat secara efektif.


MEDIA CENTER PSIKOLOGI UHT, 2024



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Psikologi Hang Tuah Mempelajari Kesehatan Mental secara langsung di Rumah Sakit Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang

Trending Now