Mahasiswa FH UPN Veteran Jatim Ajak Warga Wisma Penjaringan Sari Surabaya Mengukur Kredibilitas Pinjaman Online

Admin JSN
20 Juni 2024 | 19.41 WIB Last Updated 2024-06-21T00:07:52Z
Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur melakukan sosialisasi penyuluhan hukum di Perumahan Wisma Penjaringan Sari.

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (FH UPNVJT) mengadakan serangkaian kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum di Perumahan Wisma Penjaringan Sari, Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 31 Mei 2024 dan disambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum dan kepedulian masyarakat Perumahan Wisma Penjaringan Sari terhadap persoalan yang berpotensi mengancam serta mengganggu ketertiban umum dan lingkungan sekitar. Salah satu tema utama dari kegiatan penyuluhan hukum ini adalah "Menghadapi Dilema Pinjaman Online di Tengah Masyarakat."

Kegiatan ini menonjol karena fokusnya pada pengenalan karakteristik pinjaman online yang ilegal dan legal sesuai peraturan yang berlaku. Mahasiswa FH UPNVJT menjelaskan pentingnya memantau secara berkala situs resmi Otoritas Jasa Keuangan terkait Financial Technologies, yang mencantumkan daftar perusahaan yang telah mendapatkan izin operasional untuk melakukan usaha pendanaan bersama atau P2P Lending. 

Selain itu, pentingnya menumbuhkan pemahaman masyarakat terhadap pemilihan penyelenggara pinjaman online yang kredibel dan aman juga ditekankan, dengan memperhatikan tingkat wanprestasi dan tingkat keberhasilan yang dimiliki oleh setiap penyelenggara pinjaman online. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang ingin meminjam maupun memberikan pendanaan berada dalam perlindungan kinerja yang maksimal dan terjamin pelaksanaannya.

Puncak dari serangkaian acara ini adalah sesi konsultasi dan praktik, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Perumahan Wisma Penjaringan Sari untuk berkonsultasi serta mencoba langsung terkait pemeriksaan legalitas dan pengecekan tingkat wanprestasi hingga tingkat keberhasilan yang dimiliki oleh suatu penyelenggara pinjaman online. 

Ketua Pelaksana Kegiatan Penyuluhan Hukum, Clarissa, menyampaikan harapannya agar ilmu yang didapat dari sosialisasi tersebut dapat diaplikasikan dengan baik oleh masyarakat sekitar untuk meminimalisir adanya konflik yang timbul sehingga merugikan salah satu pihak.

"Dengan adanya penyuluhan hukum ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat Perumahan Wisma Penjaringan Sari untuk menerapkan ilmu yang diperoleh nantinya sesuai dengan kebutuhannya dan ketentuan yang berlaku, sehingga membantu pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik serta meminimalisir tindakan penagihan dengan kekerasan yang mengganggu ketertiban umum," ujar Clarissa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran hukum dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Perumahan Wisma Penjaringan Sari, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Dapatkan informasi lebih lanjut tentang UPN “Veteran” Jawa Timur, dengan mengunjungi situs resmi di https://www.upnjatim.ac.id/ 


Informasi lebih lanjut tentang kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh UPN “Veteran” Jawa Timur dapat ditemukan di https://lppm.upnjatim.ac.id/ 


Sementara untuk informasi khusus terkait Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur dapat diakses melalui https://fh.upnjatim.ac.id/


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FH UPN Veteran Jatim Ajak Warga Wisma Penjaringan Sari Surabaya Mengukur Kredibilitas Pinjaman Online

Trending Now