Sosialisasi Serta Kegiatan Pengolahan Sampah Anorganik Oleh Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur

Admin JSN
25 Mei 2024 | 00.07 WIB Last Updated 2024-05-24T17:10:02Z


NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa timur mengadakan kegiatan sosialisasi pada tanggal 8 Mei 2024 mengenai pengolahan sampah anorganik dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) kepada siswa SD Negeri Talang kelas 4 yang berjumlah 27 dan kelas 5 yang berjumlah 28. Siswa kelas 4 dan 5 sangat antusias terhadap pemaparan materi yang dibawakan mahasiswa KKN tentang penerapan 3R, mahasiswa juga membawa contoh produk kerajinan yang terbuat dari sampah untuk dijadikan contoh karya kerajinan yang bisa dibuat oleh siswa kelas 4 dan 5. Lalu, mahasiswa KKN membentuk kelompok yang terdiri dari 4 kelompok masing-masing untuk kelas 4 dan 5. Kemudian, para siswa berdiskusi secara berkelompok untuk membahas kerajinan yang akan dibuat untuk kegiatan 3R.

Pada tanggal 9 Mei 2024 kegiatan pengolahan sampah anorganik di Balai Desa dilaksanakan pada pukul 08.00 yang dihadiri oleh 19 anak. Para siswa lalu mengerjakan kerajinan sesuai kesepakatan kelompok masing-masing dan diberi waktu satu jam untuk mengerjakan. Kegiatan pengolahan sampah anorganik berjalan dengan baik dan anak-anak bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

Para siswa membuat kerajinan dari sampah anorganik seperti kotak pensil dari kardus, vas bunga dari plastik, bunga dari kantong kresek, tempat tissue dari kardus, dan celengan dari botol plastik. Kegiatan ini juga diselingi oleh fun games berupa kuis kepada peserta yang hadir. Bagi peserta yang bisa menjawab kuis tersebut mendapat hadiah berupa botol dan buku tulis. 

Di penghujung acara, mahasiswa KKN memilih dua karya terbaik dari kerajinan sampah anorganik, juara terbaik 1 dimenangkan oleh karya berupa gabungan kerajinan tempat pensil, tempat tisu, dan celengan. Kemudian untuk juara 2 terbaik dimenangkan oleh karya vas bunga.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Serta Kegiatan Pengolahan Sampah Anorganik Oleh Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur

Trending Now