Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Sosialisasi Bullying oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di SD Negeri Musir Kidul

Admin JSN
26 Mei 2024 | 11.26 WIB Last Updated 2024-05-26T04:29:30Z

 


Sosialisasi Bullying oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur 

di SD Negeri Musir Kidul

 NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Anggota Kelompok 4 KKN-T MBKM UPNVJT  Melakukan Sosialisasi Bullying di Sekolah Dasar Negeri Musir Kidul Desa Musir Kidul, Kec. Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Bullying (tindakan kekerasan) memiliki pengaruh secara jangka panjang dan jangka pendek terhadap korban bullying. Pengaruh jangka pendek yang ditimbulkan akibat perilaku bullying adalah depresi karena mengalami penindasan, menurunnya minat untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, dan menurunnya minat untuk mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan akibat yang ditimbulkan dalam jangka panjang dari penindasan ini seperti mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan baik terhadap sesama maupun lawan jenis karena selalu memiliki kecemasan akan mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya. 

Untuk itu, kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan sosialisasi bullying yang telah dilaksanakan pada hari di SD Negeri Musir Kidul, Desa Musir Kidul, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk. 

Pemateri dari program sosialisasi ini diisi oleh Lucky (Ekonomi Pembangunan 2021) dan Audy (Akuntansi 2021) yang merupakan anggota dari kelompok 4 itu sendiri. Materi yang disampaikan adalah pengertian bullying, jenis-jenis bullying, dampak bullying,dan bagaimana cara mengatasinya.Untuk memastikan para siswa paham akan materi, pemateri memberikan pertanyaan terkait materi yang sudah dipaparkan dan memberikan hadiah kepada siswa yang bisa menjawab. Pemateri juga mempraktekkan secara langsung bagaimana cara pencegahan tindak bullying dan cara menghadapi bullying ketika sudah terjadi.

Dengan sosialisasi ini diharapkan para siswa mampu memahami apaitu bullying dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi tindakan bullying agar tercipta lingkungan belajar yang aman dan bebas dari perilaku bullying serta mengantisipasi agar tidak terjadi hal buruk kedepanya. 

Kelompok 4 dan juga jajaran tenaga pendidik berkomitmen untuk terus mengawal pencegahan tindak bullying di SD Negeri Musir Kidul dengan memberlakukan sanksi tegas terhadap pelaku tindak kekerasan bullying.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Bullying oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di SD Negeri Musir Kidul

Trending Now